Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 5 Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 22/01/2021, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsol video game teranyar besutan Sony, PlayStation 5 (PS5), resmi dijual di Indonesia mulai hari ini, Jumat (22/1/2021). Konsol ini telah diperkenalkan secara global pada November 2020 lalu.

Penjualan ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada Desember lalu, sejumlah gerai di Indonesia yang bekerja sama dengan Sony telah membuka sesi pre-order.

"SIES hari ini mengumumkan bahwa PS5 bakal diluncurkan di Indonesia pada 22 Januari 2021 mendatang," tulis pihak Sony di blog PlayStation.com pada November lalu.

Sama seperti versi global, PS5 versi Indonesia bakal hadir dalam dua varian, yakni varian standar dan varian digital. Perbedaan di antara keduanya adalah versi digital hadir tanpa slot Blu-ray disc, sehingga game yang dimainkan harus diunduh.

Untuk harga PS5 di Indonesia, PlayStation 5 dibanderol harga Rp 7,3 juta untuk versi digital (tanpa Blu-ray disc) dan Rp 8,8 juta untuk versi standar (dengan slot Blu-ray disc).

Baca juga: Sony Disebut Mulai Pangkas Produksi PS4 demi PS5

Namun, konsol ini tampaknya tidak bisa langsung didapatkan oleh pembeli umum di sejumlah toko. Sebab, sejumlah toko yang bekerja sama dengan Sony mengatakan hari ini adalah tanggal pengambilan konsol untuk yang melakukan pre-order pada Desember 2020 lalu.

Seperti peritel seperti GS Shop Indonesia dan PS Enterprise. Berdasarkan sebuah postingan di akun Instagram resmi masing-masing toko, peminat yang berhak antre hari ini adalah mereka yang telah beruntung mendapatkan tiket undian (raffle) pada sesi pre-order.

Ini artinya, suksesor dari PS4 ini tidak bisa dibeli secara langsung di toko pada tanggal peluncuran perdananya di Tanah Air dan sudah ludes terjual.

"Saat ini, stok PlayStation 5 sudah sold out, dan outlet GSSHOP juga sudah memberikan pembatas khusus antrean PlayStation 5 bagi yang sudah menang undian pre-order," ujar akun Instagram @GSShopID dalam sebuah postingan.

Baca juga: Sony Disebut Mulai Pangkas Produksi PS4 demi PS5

Adapun detail waktu pengambilan unit PS5 sendiri tampaknya akan mengikuti kebijakan masing-masing toko.

Gerai PS Enterprise yang berlokasi di ITC Mangga Dua, misalnya, akan membuka antrean di pada pukul 11.30 WIB. Pembeli masih bisa antre dan mengambil unitnya hingga pukul 17.30 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PS Enterprise (@psenterprise)

Belum ada informasi kapan stok PS5 akan kembali normal. Namun, konon sejumlah gerai akan kembali engundi sisa peserta undian lainnya yang belum beruntung mendapatkan tiket pre-order PS5 pada bulan Februari mendatang.

Terlepas dari itu, selain GS Shop Indonesia dan PS Enterprise, ada beberapa peritel lainnya yang menjadi mitra Sony dalam penjualan perdana PS5.

Di antaranya seperti Multigame, Terminal Game, Urban Republic, hingga Sony Center sendiri yang berlokasi di Grand Indonesia.

Baca juga: Rekor Baru, Sony Jual 1,4 Juta Konsol PS5 dalam Seminggu

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebijakan toko masing-masing, begitu juga cara mendapatkan PS5 di Indonesia, peminat bisa menghubungi para peritel yang berpartisipasi di tautan berikut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com