Google Hentikan Project "Balon Internet" Loon

Kompas.com - 22/01/2021, 11:45 WIB
Autolauncher Google Project Loon GoogleAutolauncher Google Project Loon

KOMPAS.com - Perusahaan induk Google, Alphabet berencana menghentikan proyek balon internetnya atau yang lebih dikenal dengan Project Loon.

Faktor biaya menjadi alasan di balik rencana penutupan proyek ini. Alphabet mengaku perusahaan tidak menemukan cara untuk menekan biaya operasi Project Loon sehingga bisnis yang berkelanjutan sulit untuk dicapai.

“Jalan menuju kelangsungan komersial telah terbukti memakan waktu lebih lama dan lebih berisiko dari yang kami harapkan. Jadi kami membuat keputusan sulit untuk menutup Loon," tulis Astro Teller, Kepala Lab Penelitian X.

Sebenarnya, proyek Google Loon pernah menerima beberapa kali menerima kucuran dana investasi. Misalnya pada 2019, Loon menerima investasi 125 juta dollar AS (sekitar Rp 1,7 triliun) dari HAPSMobile, anak perusahaan SoftBank.

Selain itu, tahun lalu, balon internet ini juga diketahui sudah disebar secara komersil untuk pertama kalinya di Kenya.

Telkom Kenya menggunakan Loon untuk menyediakan koneksi jaringan 4G LTE di area seluas hampir 31.000 mil persegi (kira-kira 8 juta hektar) di seluruh Kenya Tengah dan Barat, termasuk ibu kota Nairobi.

Tidak diketahui jumlah investasi yang didapatkan Loon dalam penyebaran komersial pertamanya ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, investasi yang diterima Loon agaknya tidak cukup untuk membiaya operasi layanannya. Menurut laporan The Information, Loon dikatakan mulai kehabisan uang dan kembali bergantung pada induknya, Alphabet, untuk menjalankan bisnis.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari New York Times, Jumat (22/1/2021), layanan Google Loon rencananya akan dimatikan dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Indonesia, Negara Keempat yang Pakai Balon Internet Google

Apa itu Google Loon?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.