Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan PC Gaming dan Monitor Diprediksi Terus Naik hingga 2024

Kompas.com - 25/01/2021, 09:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengiriman PC gaming dan monitor diprediksi akan terus meningkat hingga tiga tahun mendatang. Menurut laporan firma riset IDC, PC gaming dan monitor yang dikirimkan akan menembus angka 61,9 juta unit pada 2024.

IDC juga memprediksi, dalam kurun waktu lima tahun, terhitung sejak tahun 2020, tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata akan mencapai 5,7 persen.

Masih dari laporan yang sama, pada tahun 2020, pengiriman PC gaming dan monitor diprediksi naik 16,2 persen dari tahun ke tahun (year over year/YoY) menjadi 49,6 juta unit.

Kenaikan ini tak lain didorong oleh permintaan konsumen di seluruh dunia yang lebih banyak beraktivitas di rumah karena pandemi Covid-19, demi meminimalisir tertular virus corona.

"Meski paruh pertama 2020 harus menghadapi masalah pasokan hardware, konsumsi software, dan layanan gaming terus meningkat seiring dengan durasi bermain," kata Jitesh Ubrani, manajer riset IDC untuk perangkat mobile global.

Baca juga: Laptop dan PC Kekurangan Stok, Diprediksi Baru Pulih pada 2022

Ubrani mengatakan dalam enam hingga 12 bulan mendatang, pengiriman PC gaming dan monitor akan terus naik karena akan ada banyak GPU baru dari Nvidia, AMD, dan Intel. Para produsen itu diharapkan bisa menggerakkan harga pasar yang lebih rendah dan kinerja lebih tinggi.

Selain itu kemunculan game baru dan dukungan teknologi ray tracing juga diharapkan akan mendorong permintaan pasar.

Di samping hardware, peluncuran konsol baru dan streaming game dari layanan cloud, seperti Luna, Stadia, dan Xbox Game Pass juga amat dinantikan dan diharapkan bisa menyuntikkan dampak positif bagi industri PC gaming dan monitor.

"GPU baru, peningkatan durasi yang dihabiskan untuk game, dan pengembangan game baru telah memperbarui kebutuhan monitor gaming yang mumpuni," kata Jay Chou, Manajer Riset untuk PC monitor global IDC.

Chou menambahkan, pasar telah merespons dengan menyediakan beragam pilihan PC gaming yang menarik. Pengembangan lain seperti cloud gaming akan membantu pemilik PC model entry-level untuk terjun ke dunia gaming.

Baca juga: Pengiriman PC Tahun 2020 Catat Rekor Tertinggi

Dalam beberapa waktu ke depan, pengembangan ini akan menguntungkan bagi pasar karena pengguna akan membeli monitor gaming demi mendapatkan pengalaman yang lebih kompetitif.

Berikut perbandingan prediksi pengiriman PC gaming dan monitor berdasarkan laporan IDC bulan September 2020, seperti dihimpun KompasTekno, Senin (25/1/2021).

Kategori produk Prediksi Pengiriman 2020 (dalam juta) Prediksi Pengiriman 2024 (dalam juta) CAGR 2020-2024
Desktop 14,8 15,8 1,6 %
Monitor 12,4 16,0 6,4 %
Notebook 22,3 30,2 7,9 %
Total 49,6 61,9 5,7 %

Baca juga: Pasar Smartphone Dunia Turun Bukan Semata gara-gara Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com