Harga Jual Kembali Ponsel Android Turun 2 Kali Lebih Cepat Dibanding iPhone

Kompas.com - 26/01/2021, 08:07 WIB
Ilustrasi ponsel iPhone dan Android The VergeIlustrasi ponsel iPhone dan Android

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, Android dan iPhone adalah dua platform smartphone paling populer saat ini. Harga jual masing-masing ponsel pun terus bersaing dengan mengikuti kebutuhan pasar dari setiap negara.

Tak hanya harga jual ponsel baru, harga jual ponsel bekas keduanya pun menjadi perhatian konsumen. Soal harga jual kembali ini, ada sedikit perbedaan antara Android dan iPhone.

Ponsel bikinan Apple selama ini menunjukkan kecenderungan harga yang meningkat dan hanya mengalami sedikit penurunan harga, apabila ingin dijual kembali.

Hal ini berbanding terbalik dengan ponsel Android, di mana harga jual kembali ponsel ini memiliki kecenderungan penurunan harga yang tinggi.

Baca juga: Minat Beli Ponsel Bekas, Perhatikan Hal-hal Ini

Berdasarkan riset yang dirilis oleh situs komparasi harga ponsel, BankMyCell, penurunan harga jual kembali smartphone Android ternyata dua kali lebih cepat dibandingkan iPhone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data yang dirilis merujuk pada ponsel Android dan iPhone yang memiliki banderol harga di atas 700 dollar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.

Grafik penurunan harga jual ponsel Android dan iPhoneBankMyCell Grafik penurunan harga jual ponsel Android dan iPhone

Berdasarkan hasil riset, harga jual ponsel Android selama satu tahun pertama, turun mencapai 33,62 persen, dibandingkan iPhone yang turun 16,70 persen.

Kemudian pada tahun kedua setelah pembelian, harga ponsel Android turun drastis hingga 61,50 persen. Sedangkan harga iPhone hanya mengalami penururan sekitar 35,70 persen.

Empat tahun berselang, harga ponsel Android bekas terus menurun di angka 81,11 persen dan iPhone sekitar 66,43 persen.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (26/1/2021), merek seperti HTC, Motorola, dan Sony adalah tiga vendor yang mengalami penurunan harga tertinggi di tahun pertama, yaitu masing-masing 53,08 persen, 42,57 persen, dan 39,51 persen.

Baca juga: Bisnis Ponsel Bekas Tumbuh Lebih Besar dari Ponsel Baru

Halaman:


Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X