Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takhayul Angka 13, Apple Tak Jadi Bikin iPhone 13?

Kompas.com - 26/01/2021, 09:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone yang akan dirilis tahun 2021 ini kemungkinan tidak akan diberi nama iPhone 13. Informasi ini dihembuskan oleh pembocor gadget, Jon Prosser di video YouTube-nya, Front Page Tech.

"Saya diberi tahu bahwa kita mungkin tidak akan pernah mendapatkan iPhone 13," kata Jon, dirangkum KompasTekno dari Cult of Mac, Selasa (26/1/2021).

Alasan utamanya kemungkinan adalah triskaidekaphobia, atau ketakutan pada angka 13 yang banyak diyakini orang barat. Angka tersebut oleh mereka dianggap sebagai pembawa sial.

Baca juga: iPhone 13 Tidak Punya Konektor Sama Sekali?

Salah satu buktinya adalah, di Amerika Serikat dan Eropa, banyak gedung-gedung yang tidak memiliki lantai 13. Kendati demikian, dua tahun lalu Apple tetap menggunakan angka 13 untuk penamaan iOS 13 dan iPadOS 13.

Poser mengatakan Apple akan kembali menggunakan nomenklatur lama di iPhone 2021. Model paling murah kemungkinan akan diberi nama iPhone 12s. Belum diketahui apa nama yang akan disematkan untuk dua model yang lebih tinggi.

Beberapa tahun lalu, Apple merilis penerus iPhone 6 sebagai iPhone 6s. Pada 2018, Apple juga kembali membubuhkan huruf "s" di iPhone Xs. Dihimpun dari MacRumors, iPhone 2021 kemungkinan akan membawa desain yang sama persis dengan lini iPhone 2020.

Hanya saja, takik atau "notch" di atas layar akan semakin diperkecil. Masing-masing model memiliki bentang layar 5,4 inci, 61 inci, dan 6,7 inci. Fitur-fiturnya kemungkinan juga masih sama seperti pendahulunya.

Baca juga: 4 Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Beli iPhone 12 di Indonesia

Namun, ada beberapa peningkatan seperti di sektor kamera, prosesor, dan chip 5G baru dari Qualcomm.

Analis Ming-Chi Kuo, pernah mengatakan bahwa iPhone 2021 akan tanpa lubang apapun dan akan sepenuhnya nirkabel. Kuo juga mengatakan iPhone berikutnya akan mendukung FaceID dan juga pemindai sidik jari dalam layar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com