Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Huawei Ungkap Rahasia Perusahaan Bertahan dari Tekanan AS

Kompas.com - 26/01/2021, 10:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2018, Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah administrasi Donald Trump memasukkan Huawei dan afiliasinya ke daftar hitam "entity list". Sejak saat itu, perusahaan asal China itu tidak bisa leluasa berbisnis dengan perusahaan asal AS mana pun.

Bisnis global Huawei terseok, terutama lini smartphone yang masih mengandalkan Google sebagai pemasok sistem operasi Android yang diandalkan Huawei untuk pasar di luar China.

Menurut data Canalys, pada kuartal III-2020, pengiriman smartphone Huawei turun hingga 23 persen. Kendati demikian, Huawei masih bercokol di tiga besar vendor smartphone global.

CEO sekaligus pendiri Huawei, Ren Zhengfei, akhirnya mengungkap kunci bagaimana Huawei bisa bertahan di tengah gempuran sanksi AS.

Desentralisasi operasional, penyederhanaan lini produk, fokus dalam mengumpulkan keuntungan, dan mempertahankan tingkat gaji selama tiga hingga lima tahun ke depan, disebut Zhengfei sebagai kunci Huawei bertahan dari tekanan AS.

Baca juga: Serangan Terakhir Trump Jelang Lengser, Larang Huawei Pakai Prosesor Intel

Hal itu dikatakan Zhengfei dalam pidatonya yang dibuat pada Juni 2020, tetapi baru diungkap ke publik baru-baru ini.

Dalam pidato tersebut, Zhengfei mengatakan sulit bagi Huawei menjalankan rencana awal untuk melakukan globalisasi setelah bisnisnya diperketat Pemerintah AS.

"Ada ketidakcocokan yang besar antara kemampuan dan strategi," kata Zhengfei yang kemudian menambahkan bahwa perusahaannya harus memulai semua dari awal.

Pendiri Huawei yang mempunyai latar belakang militer itu juga mengatakan bahwa perusahaan tidak akan kalah dari AS. Pria berusia 76 tahun itu juga mengatakan, ratusan kader Huawei secara sukarela diturunkan jabatannya untuk menyesuaikan gaji.

Ia pun mengatakan, Huawei menanamkan investasi sebesar 20 miliar dollar AS untuk riset dan pengembangan setiap tahun. Namun, Zhengfei mengatakan, pendapatannya hanya 40 persen, sedangkan 60 persen dari anggaran investasi disebut "dibakar seperti lilin".

Zhengfei memang terkenal sebagai sosok yang kerap menggunakan perumpamaan dan bahasa filosofis dalam setiap pernyataannya.

Langkah mereka, menurut Zhengfei, menunjukkan bahwa Huawei memiliki tim yang sangat baik. Dalam pidatonya, Zhengfei terlihat realistis dengan keadaan. Dia mengatakan, Huawei berusaha untuk tetap fokus pada profit.

Zhengfei juga mengatakan bahwa AS tak hanya menginginkan Huawei tersingkir dari bisnis. Saat pertama kali sanksi dijatuhkan, Zhengfei berpikir mungkin perusahaannya melakukan kesalahan dan tidak patuh terhadap aturan.

Baca juga: Seperti Huawei, Produsen Drone DJI Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat

"Namun, kemudian serangan kedua lalu ketiga menyusul. Lalu kami sadar mereka ingin kami lenyap, tapi keinginan untuk bertahan juga memotivasi kami," jelas Zhengfei dikutip KompasTekno dari South China Morning Post, Selasa (26/1/2021).

Sejak sanksi pertama tahun 2018, pemerintahan Donald Trump memang menjatuhkan beberapa sanksi susulan lain terhadap Huawei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com