Informasi yang Di-googling lewat Ponsel Kini Lebih Mudah Ditemukan

Kompas.com - 26/01/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi Google, Google Search, mesin pencarian ShutterstockIlustrasi Google, Google Search, mesin pencarian

KOMPAS.com - Raksasa mesin pencari, Google, kini membuat tampilan baru untuk para pengguna Google Search di perangkat mobile. Tampilan ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkait hal yang dicari dengan lebih cepat dan jelas.

Tampilan hasil baru ini dibuat lebih sederhana, sehingga pengguna yang melakukan pencarian dapat lebih fokus melihat hasil penelusuran informasi terkait, bukan hal-hal lain yang ikut muncul dalam pencarian tersebut.

Menurut Aileen Cheng, pemimpin proyek yang mendesain ulang tampilan Google Search ini, mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar pengguna bisa mendapat informasi dengan cepat dan jelas.

Cheng juga menjelaskan, Google Search saat ini memiliki konten dan informasi yang berlimpah dari seluruh penjuru dunia sehingga harus dikelola agar pengguna bisa dengan mudah menemukan dan memahaminya.

Baca juga: Layanan Google Search di Australia Bakal Disetop?

Hal tersebut merupakan salah satu yang mendorong Google sehingga memutuskan untuk merombak tampilannya.

"Bagiku, desain ulang ini adalah angin segar," kata Cheng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google mendesain ulang tampilan hasil pencarian Google Search versi mobile. 9to5mac Google mendesain ulang tampilan hasil pencarian Google Search versi mobile.
Dalam keterangan blog resmi Google, Cheng menyebutkan beberapa hal yang dibawa Google pada wajah baru Search-nya. Pertama, Google sekarang akan menonjolkan hasil informasi ketimbang elemen lain dalam hasil penelusuran.

"Ini tentang menyederhanakan pengalaman dan mengarahkan orang ke informasi yang mereka cari sejelas dan secepat mungkin," kata Cheng.

Salah satu cara yang diterapkan Google Search agar membuat hasil penelusuran lebih menonjol ialah dengan menggunakan teks yang lebih besar dan lebih tebal pada bagian judul dan hasil penelusuran. Pembaruan tampilan kali ini juga mencakup penambahan font milik Google.

Baca juga: Google Hentikan Project Balon Internet Loon

"Ini dilakukan agar mata manusia dapat memindai dan memahami hasil penelusuran lebih cepat," tambah Cheng.

Selain itu, Google juga menggunakan metode highlight (sorotan) untuk menonjolkan informasi yang relevan dan penting dari hasil penelusuran pengguna.

Di samping itu, pengguna juga akan lebih banyak melihat bentuk "membulat" di tampilan baru ini, termasuk di ikon, gambar, hingga hasil cuplikan (snippet), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Selasa (26/1/2021).

Menurut Cheng, bentuk bulat sudah menjadi DNA yang melekat dalam identitas Google. Hal ini bisa dilihat pengguna dari mulai logo Google, Search bar, hingga kaca pembesar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.