Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Switch Setop Layanan 27 Januari, Ini yang Harus Dilakukan Pelanggan

Kompas.com - 26/01/2021, 19:08 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler digital, Switch Mobile Indonesia dipastikan bakal berhenti beroperasi, dan menutup layanannya pada 27 Januari ini. Lantas, bagaimana nasib pelanggan yang menikmati layanan Switch?

Head of Division Digital Content Marketing Smartfren, Lembu Wiworojati mengonfirmasi bahwa nantinya pengguna Switch akan dialihkan ke jaringan operator seluler Smartfren.

Artinya, pengguna Switch tidak perlu menon-aktifkan nomor mereka secara manual lewat aplikasi.

Baca juga: Operator Seluler Digital Switch Tutup Layanan

"Untuk per tanggal 27 ini kita sudah aktif menggunakan jaringan Smartfren," tutur Lembu.

Pelanggan Switch tidak perlu melakukan setting apa pun, nomor Switch akan langsung mendapat sinyal Smartfren begitu migrasi telah selesai.

Selama proses migrasi berlangsung, pengguna tidak dapat menggunakan jaringan maupun layanan Switch. Smartfren tidak menjelaskan secara detail, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk migrasi ini.

Pengguna Switch juga diminta untuk mengunduh aplikasi mySF terlebih dahulu sebelum proses migrasi dilakukan. Hal ini bertujuan agar saldo, poin, atau voucher milik pengguna Switch dapat digunakan kembali lewat aplikasi mySF.

Baca juga: Smartfren Rilis Paket Unlimited Rp 22.000 Seminggu, Full Speed di Malam Hari

"Untuk bermigrasi ke jaringan Smarftren, baik dari redeem point yang tidak hilang, juga semua value yang ada di Switch akan bisa digunakan di merchant-merchant Smarftfren dengan currency point yang sama," ujar Lembu kepada KompasTekno, Selasa (26/1/2021).

Pelanggan Switch sendiri menurut Lembu sudah diberi informasi soal migrasi layanan ini sejak Desember 2020 lalu.

Kendati begitu, baik Smartfren maupun Switch Mobile belum memberikan alasan secara gamblang atas penutupan layanan ini.

Baca juga: MPWR, Operator Seluler Digital dari Indosat Resmi Meluncur

Sebagai informasi, Switch Mobile merupakan bagian dari operator seluler Smartfren. Provider berbasis digital ini dirilis Smartfren pada Maret 2020 lalu.

Disebut operator digital karena berbeda dengan cara konvensional, layanan ini menawarkan pengalaman baru yang serba digital lewat aplikasi, seperti pembelian kartu SIM, pemilihan paket kuota data, hingga pemilihan nomor seluler.

Selain Switch, beberapa operator digital yang telah diluncurkan di Indonesia adalah by.U milik Telkomsel, Live On dari XL Axiata, serta MPWR dari Indosat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com