Apple Siapkan Podcast Berbayar Pesaing Spotify

Kompas.com - 26/01/2021, 19:33 WIB
Logo Apple GizmochinaLogo Apple

KOMPAS.com - Layanan podcast (siniar) saat ini makin digandrungi. Beragam platform menawarkan layanan audio tersebut, seperti Spotify, Apple Podcasts, hingga Amazon.

Melihat pesatnya perkembangan industri podcast, Apple dikabarkan tengah menyiapkan layanan podcast berbayar. Strategi ini disiapkan agar para kreator podcast mau beralih ke platform podcast milik Apple.

Hal tersebut diketahui dari laporan The Information. Selama ini, konten podcast di platform milik Apple hanya didistribusikan ke perangkat Mac dan iOS saja. Itu pun secara cuma-cuma.

Apple belum benar-benar mengomersialkan layanan ini. Dengan membuat layanan podcasting berbayar, Apple berpeluang memikat lebih banyak para kreator podcast. Sebab sampai saat ini, para kreator podcast masih berkutat mencari cara montesasi. 

Menurut kaporan Bloomberg yang dihimpun oleh Mac Rumors, Apple sendiri telah meningkatkan layanan podcast dalam beberapa tahun terakhir dan sedang menggarap konten orisinal yang hadir ekslusif.

Baca juga: Twitter Akuisisi Perusahaan Layanan Podcast

Apple juga berencana membeli konten orisinal dan akan membuat spinoff (sempalan) audio dari film dan program di Apple TV+. Pada musim gugur lalu, Apple juga telah merekrut Jake Shapiro, seorang eksekutif radio veteran untuk mengomandoi tim ini.

Menurut laporan The Information, pembicaraan antara Apple dan perusahaan produsen layanan podcast telah dilakukan, namun belum ada kepastian apakan Apple akan menindaklanjuti kerja sama dan segera meluncurkan layanan tersebut atau tidak.

Apabila terwujud, ada kemungkinan layanan podcast berbayar akan dipaketkan dengan layanan lain seperti Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, dan Apple News+ sebagai bagian dari Apple One Bundles yang ditawarkan Apple.

Kabar tentang layanan podcast berbayar milik Apple ini juga telah diungkap oleh perusahaan investasi, Loup Ventures pada awal bulan ini.

Perusahaan menyebut bahwa Apple akan membuat beberapa layanan berbayar, termasuk Podcast+, Stocks+, dan Mail+.

Baca juga: Spotify Akuisisi Perusahaan Podcast untuk Genjot Pendapatan Iklan

Layanan podcast saat ini memang tengah digandrungi. Bahkan, Spotify menghabiskan sekitar 800 juta dollar AS untuk mengakuisisi beberapa perusahaan podcast untuk mempertahankan posisinya di industri ini. Beberapa yang telah diakuisisi adalah Gimlet Media, The Ringer, dan The Joe Rogan Experience.

Dengan layanan podcast berbayar, akan ada sejumlah konten podcast yang eklusif dan hanya hadir di platform tertentu saja sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Selasa (26/1/2021).



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X