Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Shopee Buka Program Beasiswa di Indonesia, Ada Kesempatan Magang dan Kerja

Kompas.com - 26/01/2021, 20:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan internet asal Singapura, Sea Group, menghadirkan program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di Indonesia. Program ini diselenggarakan bekerja sama dengan enam perguruan tinggi di Indonesia yakni ITB, UI, IPB, UGM, Binus, dan IT Del.

Penerima beasiswa ini akan memiliki kesempatan magang dan bekerja di perusahaan teknologi yang berada di bawah naungan Sea Group, yakni perusahaan hiburan digital Garena, e-commerce Shopee, dan jasa keuangan digital SeaMoney.

Selain kesempatan magang dan kerja, penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan bulanan, sekaligus berbagai pelatihan, seminar, dan diskusi bersama tokoh-tokoh inspiratif.

Chairman of Sea in Indonesia, Pandu Patria Sjahrir mengatakan, revolusi industri keempat membawa tantangan dan potensi disrupsi. Sehingga, dibutuhkan talenta yang siap menghadapi dunia kerja digital.

"Guna mempersiapkan talenta tersebut, Sea Scholarship Indonesia tidak hanya memberikan manfaat finansial tetapi juga non finansial berupa magang dan kesempatan kerja," kata Pandu. 

Baca juga: Induk Shopee Disebut Caplok Bank BKE, Siapkan Bank Digital di Indonesia?

Program beasiswa ini disebut sejalan dengan aspirasi anak muda di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang membutuhkan peningkatan kemampuan dan keahlian di era digital.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kami kedatangan dua perguruan tinggi partner baru yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Del (IT Del)," kata Hans Saleh, Country Head of Garena Indonesia.

"Bergabungnya IT Del sebagai kampus teknologi informasi terdepan dari Sumatera Utara, menunjukkan keseriusan kami mengembangkan talenta digital di berbagai daerah, tidak hanya di pulau Jawa," ujar Hans dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (26/1/2021). 

Program beasiswa ini telah diselenggarakan oleh Sea Group sejak 2018. Selama ini, Sea Scholarship telah menerima lebih dari 2000 aplikasi dari perguruan tinggi rekanan dengan lebih dari 70 mahasiswa penerima.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun turut mengapresiasi program beasiswa ini.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan ‘Kampus Merdeka Kemendikbud’ yang mendukung kolaborasi industri dan universitas lewat program magang industri," kata Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud.

Pendaftaran untuk beasiswa Sea Scholarship Indonesia sendiri sudah dibuka hingga 14 Maret 2021 mendatang.

Baca juga: Grab dan Induk Shopee Kantongi Izin Bikin Bank Digital di Singapura

Pembukaan pendaftaran Sea Scholarship Indonesia 2021 dilakukan bersamaan dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan enam universitas partner yang digelar secara daring, hari ini, Selasa (26/1/2021).

Proses seleksi beasiswa akan dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu tahap registrasi (26 Januari-14 Maret 2021), seleksi dokumen (15-19 Maret 2021), ujian secara daring (24-26 Maret 2021).

Kemudian dilanjutkan tahap penilaian (29 Maret - 9 April 2021), interview di kampus (12-23 April 2021), dan tahap terakhir yaitu pengumuman yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2021.

Informasi dan pendaftaran beasiswa bisa dibaca di tautan ini. Semoga berhasil!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com