Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Kompas.com - 26/01/2021, 20:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai model teratas di seri ponsel Galaxy S21 besutan Samsung, Galaxy S21 Ultra dibekali dengan spesifikasi teratas. Rangkaian kameranya juga yang paling lengkap dibandingkan dua saudaranya.

Galaxy S21 Ultra dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 10MP (zoom 3x, f/2.4), dan kamera telephoto 10 MP (zoom 10x f/4.9).

Kamera utama 108 MP masih mengandalkan teknik nona-binning seperti di Galaxy S20 Ultra sebelumnya untuk meningkatkan hasil gambar dengan resolusi final sebesar 12 MP. Kamera ultra wide pun agaknya tak berubah.

Namun, Samsung mengganti susunan kamera telephoto. Alih-alih hanya satu kamera telephoto 48 MP dengan lensa berjangkauan zoom optis 4x (ekuiv 103mm, f/3.5) seperti pada S20 Ultra, Galaxy S21 Ultra membagi jangkauan telephoto ke dalam dua kamera 10 MP, masing-masing dengan zoom optis 3x (ekuiv. 70mm, f/2.4) dan 10x (ekuiv. 240mm f/4.9).

Perbedaan cakupan bidang pandang keempat kamera Galaxy S21, mulai dari ultra wide (0,6x), wide (1x), telephoto 3x, dan telephoto 10xKOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan cakupan bidang pandang keempat kamera Galaxy S21, mulai dari ultra wide (0,6x), wide (1x), telephoto 3x, dan telephoto 10x
Alasannya adalah untuk meningkatkan kualitas gambar di tingkat zoom menengah (3x) dan jauh (10x).

Dengan menggunakan dua kamera telephoto maka zoom menengah tak harus mengandalkan pembesaran digital dari kamera utama (wide), sementara zoom jauh tidak mesti membesarkan gambar dari kamera telephoto.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera di Galaxy S21 Ultra

Dari pengamatan KompasTekno, kualitas gambar Galaxy S21 Ultra di tingkat zoom 3x dan 10 kali terlihat lebih bagus dibanding Galaxy S20 Ultra, karena memang benar-benar berasal dari kamera dengan focal length di tingkat tersebut, bukan dari zoom digital.

Kemudian, SpaceZoom hingga 100x pun kini bisa dilakukan dengan pembesaran digital lebih sedikit (10x) dari kamera telephoto 10x, dibandingkan zoom digital 25x dari kamera telephoto milik Galaxy S20 Ultra.

Zoom digital dengan tingkat pembesaran 30x dan 100x di Galaxy S21 Ultra, melanjutkan dari rentang cakupan bidang pandang sebelumnya.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Zoom digital dengan tingkat pembesaran 30x dan 100x di Galaxy S21 Ultra, melanjutkan dari rentang cakupan bidang pandang sebelumnya.

Membidik di tingkat zoom tinggi di Galaxy S21 Ultra menjadi lebih mudah dengan fitur Zoom Lock yang akan mengunci bidang frame ke area yang sedang di-zoom dengan bantuan kecerdasan buatan.

Gambar pun menjadi tidak terlalu bergoyang-goyang seperti di Galaxy S20 Ultra sebelumnya.

Zoom Lock akan otomatis aktif apabila pengguna menjaga framing di tingkat zoom tinggi selama beberapa detik, ditandai oleh pinggiran jendela guide dan gambar telapak tangan kecil di sisi kiri atas yang berubah warna dari putih menjadi kuning.

Zoom Lock juga bisa dihidup-matikan secara manual dengan mengklik jendela panduan tadi. Jendela guide akan dimunculkan ketika tingkat zoom melewati 20x.

Baca juga: Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra Punya Fitur Penstabil ala Tripod

Jendela guide dan gambar tangan di kiri atas akan berubah warna menjadi kuning ketika Zoom Lock aktif di Galaxy S21 Ultra. Fitur ini memudahkan pembidikan gambar di tingkat zoom tinggi dengan mengurangi goyangan dan mengunci frame di area yang sedang di-zoom. Mungkin Galaxy S21 Ultra bisa melakukan ini karena tingkat zoom digitalnya yang juga lebih rendah (10x) dibanding Galaxy S20 Ultra (25x) di pembesaran digital maksimum.  KOMPAS.com/ OIK YUSUF Jendela guide dan gambar tangan di kiri atas akan berubah warna menjadi kuning ketika Zoom Lock aktif di Galaxy S21 Ultra. Fitur ini memudahkan pembidikan gambar di tingkat zoom tinggi dengan mengurangi goyangan dan mengunci frame di area yang sedang di-zoom. Mungkin Galaxy S21 Ultra bisa melakukan ini karena tingkat zoom digitalnya yang juga lebih rendah (10x) dibanding Galaxy S20 Ultra (25x) di pembesaran digital maksimum.

Dengan aperture lebih kecil, kamera telephoto 10x Galaxy S21 mengalami penurunan kualitas gambar yang lebih kentara dalam kondisi low-light dibanding kamera telephoto 3xKOMPAS.com/ OIK YUSUF Dengan aperture lebih kecil, kamera telephoto 10x Galaxy S21 mengalami penurunan kualitas gambar yang lebih kentara dalam kondisi low-light dibanding kamera telephoto 3x

Kamera telephoto 10x di Galaxy S21 Ultra juga memiliki aperture yang lebih kecil (f/4.9) dibandingkan kamera telephoto 5x Galaxy S20 Ultra (f/3.5) sehingga lebih rawan mengalami penurunan kualitas gambar di situasi low-light.

Apabila kondisi terlalu gelap atau jarak fokus terlalu pendek (lebih kurang di bawah 1 meter), ponsel akan otomatis mengalihkan fungsi zoom 10x ke kamera telephoto 3x dengan pembesaran digital.

Resolusi tinggi atau dynamic range tinggi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com