Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan Pesaing iPhone 12 Mini?

Kompas.com - 27/01/2021, 11:37 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ponsel dengan ukuran layar mini kembali nge-tren, setelah Apple merilis lini iPhone 12 Mini. Tren tersebut bahkan kabarnya juga disambut oleh Sony, yang sudah lama tak merilis ponsel ukuran compact.

Pabrikan ponsel Jepang itu kini dikabarkan bakal menghidupkan kembali ponsel Xperia Compact, untuk bersaing dengan iPhone 12 Mini.

Sebelumnya, Sony telah memperkenalkan smartphone ringkas pertamanya yang dibubuhi embel-embel "Compact", yakni Xperia Z1 Compact (layar 4,3 inci) pada 2014 lalu.

Empat tahun setelahnya, Sony kembali meluncurkan ponsel mungil lainnya yang dinamai Xperia ZX2 Compact (layar 5 inci).

Kini, setelah kurang lebih tiga tahun tak memiliki suksesor, bocoran gambar render perangkat Xperia Compact yang baru, beredar di internet.

Baca juga: Bisnis Smartphone Sony Xperia Berhenti Menurun

Berdasarkan bocoran tersebut, ponsel teranyar Xperia Compact ini bakal memiliki dimensi tinggi 140 mm, panjang 68,9 mm, dan ketebalan 8,9 mm. Layarnya sendiri disinyalir bakal lebih besar dibanding Xperia ZX2 Compact, yakni 5,5 inci.

Meski diklaim ringkas, dimensi ponsel tersebut masih lebih besar dibanding ponsel mungil buatan Apple, iPhone 12 Mini dengan dimensi 131,5 x 64,2 x 7,4 mm dan layar berukuran 5,4 inci.

Dimensi Xperia Compact yang lebih besar ini konon disebabkan oleh desain bezel di sekeliling layar ponsel yang cukup tebal, terlebih di bagian dagu ponsel.

Ilustrasi ponsel Xperia Compact teranyar.Voice.com Ilustrasi ponsel Xperia Compact teranyar.

Menyoal desain, apabila mengacu pada gambar render ponsel tersebut, tampilannya tampak identik dengan ponsel Android kebanyakan.

Kamera di bagian depan yang disebut beresolusi 8 MP misalnya, tampak dimuat dalam sebuah poni bergaya ala tetesan air (waterdrop).

Baca juga: Ini Daftar Harga iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max di Indonesia

Di bagian belakangnya, tampak dua kamera (salah satunya beresolusi 13 MP) dan satu modul LED flash yang disusun secara vertikal.

Terdapat pula beragam tombol dan lubang yang berada di sisi-sisi bingkai ponsel. Di antaranya yang terlihat seperti tombol volume, sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan dengan tombol power, port USB Type-C, lubang mikrofon, dan jack audio 3,5 mm.

Belum diketahui apakah rumor ini akurat atau tidak. Sebab, Sony sendiri hingga saat ini belum mengumbar apapun soal smartphone ringkas besutan perusahaan.

Baca juga: Apple Kurangi Produksi iPhone 12 Mini, Perbanyak iPhone 12 Pro

Sejak 2018

Satu hal yang pasti, rumor terkait suksesor Xperia Compact sendiri sudah mulai berhembus sejak 2018 lalu. Kala itu, beredar kabar bahwa Sony bakal meluncurkan ponsel ringkas bernama Xperia XZ4 Compact.

Pada Januari 2019, Sony lantas menepis rumor tersebut dengan pernyataan bahwa konsumen saat ini belum membutuhkan ponsel dengan layar yang kecil.

Konfirmasi tersebut tampaknya belum bisa menyetop segala kabar burung yang beredar. Pada Maret 2019, Sony disebut bakal meluncurkan ponsel mungilnya kembali dengan nama Xperia 4, namun tak kunjung meluncur.

Sekitar November 2020, ramai pula kabar bahwa Sony bakal menghidupkan kembali seri Xperia Compact pada 2021. Benarkah? Kita nantikan saja informasi selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com