Sony Perkenalkan Kamera Mirrorless Tercanggih, Alpha 1

Kompas.com - 27/01/2021, 18:02 WIB
Sony resmi mengumumkan kamera mirrorless Alpha 1. GSMArenaSony resmi mengumumkan kamera mirrorless Alpha 1.

KOMPAS.com - Sony pekan baru saja memperkenalkan kamera mirrorless full-frame  Alpha A1 (A1). Kamera ini merupakan model tercanggih dari perusahaan asal Jepang tersebut yang menggabungkan keunggulan dari seri A7R, A7S, dan A9.

Seperti A7R, A1 memiliki sensor full-frame Exmor RS beresolusi tinggi, mencapai 50 megapiksel, yang dipadukan dengan prosesor pengolah gambar Bionz XR.

Sensor yang memiliki tingkat sensitivitas ISO 100-32.000 (native) dan dynamic range hingga lebih dari 15 stop itu turut dibekali  In-Body Image Stabilizer dengan tingkat kompensasi goyangan yang diklaim mencapai 5,5 stop.

Baca juga: Sony Xperia Pro Meluncur dengan Banderol Rp 35 Juta

Selain gambar dengan resolusi 50 MP secara default, A1 mampu menghasilkan foto beresolusi setinggi 199 MP dengan mode Pixel Shift Multi Shooting dan software desktop Imagine Edge dari Sony.

Meski dibekali sensor beresolusi tinggi, A1 juga gesit seperti seri A9, dengan kemampuan burst rate hingga 30 fps serta buffer yang mampu menampung 155 frame compressed RAW atau 165 gambar JPEG.

Bagian belakang Sony Alpha 1Sony Bagian belakang Sony Alpha 1

Sistem autofokusnya adalah yang terbaru dan paling mumpuni dari Sony, dengan 759 titik phase-detect AF dan eye-autofocus yang bsia mengunci fokus di mata subyek manusia maupun hewan, baik saat menjepret foto atau merekam video.

Untuk pertama kalinya di jajaran kamera Alpha, Sony secara khusus menyematkan algoritma pelacakan di sistem autofokus untuk objek burung dalam mode foto, sehinga dapat mempertahankan fokus jika burung tiba-tiba terbang.

Baca juga: Sony Umumkan Alpha A7C, Kamera Mirrorless Full-frame Terkecil

A1 juga kamera pertama yang menawarkan fitur pengambilan gambar anti-flicker secara kontinyu dalam kondisi pencahayaan apa pun.

Soal video, seperti seri A7S, A1 mampu merekam dengan resolusi 4K 120 fps 10-bit 4:2:2  dan 8K 30 fps 10-bit 4:2:0 XAVC HS. Dengan teknologi peredam panas khusus, kamera ini diklaim bisa merekam video 8K secara terus menerus hingga 30 menit tanpa overheating.

Bagian top plate Sony Alpha 1Sony Bagian top plate Sony Alpha 1

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DPReview, Rabu (27/1/2021), Sony A1 juga menjadi kamera pertama di dunia yang dibekali dengan EVF Quad-XGA OLED (9,44 million dot, 0,64 inci, magnifikasi 0,90x) yang memiliki refresh rate 240 Hz.

Adapun layar sentuh LCD di belakangnya masih berukuran 3 inci (1,44 million dot) dan memiliki engsel tilting sehingga bisa ditekuk ke atas dan ke bawah, tapi tidak ke samping.

Fitur-fitur lain dari Alpha 1 mencakup dua slot kartu memori yang masing-masing mendukung standar UHS-I, UHS-II SDXC/SDHC dan CFexpress Type A, Gigabit Ethernet, dual-channel 2x2 MIMO 802.11ac Wi-Fi, dan konektor USB-C.

Baca juga: Kamera Mirrorless Canon EOS M50 Mark II Dijual Rp 10,5 Juta di Indonesia

Kamera ini juga bisa dipasangi aksesori battery grip VG-C4EM seperti yang digunakan di A7R Mark IV, A7S Mark III, dan A9 Mark II.

Sony A1 bisa digunakan oleh fotografer dari berbagai bidang, mulai dari fotografer satwa liar, olahraga, landscape, pernikahan, hingga fotografer studio dan jurnalis foto. Kamera ini rencananya akan dijual mulai Maret 2021 dengan harga 6.500 dollar AS (sekitar Rp 91,5 juta).



Sumber DPReview
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X