Netflix Hadirkan Suara Kualitas Studio di Android

Kompas.com - 27/01/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi Netflix User cnet.comIlustrasi Netflix User

KOMPAS.com - Ada kabar baik untuk pengguna Android yang berlangganan Netflix. Penyedia layanan streaming film itu baru saja merilis pembaruan Netflix versi Android untuk meningkatkan kualitas audio.

Melalui halaman resminya, Netflix mengatakan bahwa kualitas audio di aplikasi versi Android, telah ditingkatkan dengan menggunakan codec xHE-AAC (Extended High Efficiency AAC).

Codec ini memang dirancang untuk mendukung kualitas audio pada layanan streaming atau keperluan broadcasting.

Codec xHE-AAC memiliki rasio kompresi dan efisiensi yang tinggi. Serta, merupakan codec dengan bitrate yang bisa berubah berdasarkan koneksi dan bandwidth.

Baca juga: Daftar ISP di Indonesia yang Paling Kencang dan Lelet untuk Akses Netflix

Netflix mengklaim bahwa peningkatan kualitas audio ini mampu membuat penggunaannya seolah tengah menikmati film layaknya di studio.

Netflix mengatakan, xHE-AAC menawarkan Dynamic Range Control yang lebih baik. Teknologi ini dapat mengurangi perbedaan antara bagian suara yang paling nyaring dan paling senyap.

Ketika sebuah konten menayangkan suara senyap, akan dibuat lebih keras sehingga pengguna dapat mendengarnya meski di lingkungan yang bising. Kemudian volume konten yang keras akan diturunkan untuk mencegah kliping.

Selain itu, kelebihan yang dibawa oleh xHE-AAC yaitu mampu mengurangi buffering. Audio yang dikeluarkan pun terdengar lebih baik. Hal ini tentu sangat bermanfaat khususnya bagi pengguna yang menonton film melalui perangkat smartphone.

Codec xHE-AAC juga diklaim memiliki ketajaman suara yang lebih baik. Kualitas audio pun diklaim akan tetap baik meskipun koneksi internet tidak stabil.

Netflix pun telah menguji coba penggunaan codec ini kepada sejumlah pengguna. Menurut Netflix, kebanyakan orang lebih menyukai kualitas audio dari codec baru.

Para pengguna itu pun cenderung tidak beralih menggunakan earphone saat menonton menggunakan ponsel mereka. Sebab, codec ini membuat suara yang dikeluarkan melalui speaker ponsel tetap jelas.

Codec baru ini baru tersedia untuk perangkat Android. Namun, perusahaan mengatakan akan membawanya ke platform lain yang mendukung codec tersebut.

Mengingat semua platform, termasuk iOS, macOS, dan Windows, sudah mendukung xHE-AAC, kemungkinan tidak lama Netflix akan membawa codec tersebut ke platform selain Android.

Baca juga: Pelanggan Disney Plus Hotstar Lampaui Netflix di Indonesia

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/1/2021), pembaruan ini dilakukan secara bertahap untuk semua pengguna Netflix versi Android.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X