Pembatalan Transaksi Poco M3 Ramai Dikeluhkan, Ini Alasan Xiaomi dan Lazada

Kompas.com - 28/01/2021, 10:58 WIB
Tampilan kotak kemasan Poco M3 versi Indonesia KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaTampilan kotak kemasan Poco M3 versi Indonesia

KOMPAS.com - Xiaomi Indonesia membatalkan sejumlah transaksi Poco M3 dengan total  miliaran rupiah di e-commerce Lazada. Adapun transaksi yang dibatalkan adalah yang dilakukan lewat program flash sale 26 Januari lalu.

Xiaomi beralasan, langkah itu dilakukan setelah menemukan sejumlah transaksi yang teridentifikasi sebagai aktivitas "tidak wajar" dan mengarah ke tindakan merugikan banyak pihak.

Tidak dijelaskan apa yang dimaksud aktivitas "tidak wajar" oleh Xiaomi, dan bagaimana kriteria transaksi yang dibatalkan.

Sejumlah pembeli Poco M3 terdampak keputusan ini. Beberapa dari mereka mengeluhkan status pemesanan yang mendadak dibatalkan ini, lewat jejaring sosial Twitter.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Mendadak Batalkan Transaksi Pembelian Poco M3 di Flash Sale Lazada

Dari pantauan KompasTekno, beberapa di antaranya hanya membeli satu unit. Jumlah pemesanan ini bisa diartikan mereka merupakan pembeli tulen, bukan tengkulak.

Alasan pembatalan pun beragam, salah satunya alamat pengiriman tidak akurat, seperti yang dialami pengguna Twitter dengan handle @Nizarwan18. Dia mengatakan sudah beberapa kali berbelanja lewat Lazada dan tidak ada kendala terkait pengiriman sebelumnya.


Alasan lain yang disebutkan adalah karena ada kendala pengiriman seperti yang dialami pengguna Twitter @asbiirawan.

Dalam sebuah tangkapan layar percakapan dengan akun resmi @Lazada, disebutkan bahwa pemesanan dibatalkan karena ada kendala pengiriman dan tidak ada pengiriman ulang.

Sementara pengguna lain dengan akun @DictLaNina mengaku pesanan Poco M3 miliknya dibatalkan karena melanggar legal persyaratan dan penggunaan Lazada.


Keluhan-keluhan senada cukup banyak beredar di media sosial Twitter dengan me-mention akun @Poco_ID atau @LazadaIDCare. Sebagian besar calon pemilik Poco M3 menganggap pembatalan tersebut dilakukan sepihak dan alasan yang dikemukakan dianggap mengada-ngada.

Baca juga: Poco M3 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Pernyataan Xiaomi

PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng, mengatakan pembatalan transaksi diklaim sebagai cara untuk memerangi pihak yang menjual kembali produk yang didapatkan melalui flash sale, dengan harga di atas harga resmi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X