YouTuber Juga Kena Pembatalan Flash Sale Poco M3, Ini Respons Xiaomi

Kompas.com - 28/01/2021, 13:14 WIB
Bagian punggung Poco M3, dilengkapi dengan triple-camera dan LED Flash KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaBagian punggung Poco M3, dilengkapi dengan triple-camera dan LED Flash
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Xiaomi Indonesia mengumumkan pembatalan sejumlah transaksi pembelian Poco M3 yang dilakukan di e-commerce Lazada.

Pembatalan, diklaim Xiaomi, dengan alasan untuk memerangi berbagai tindakan yang bisa merugikan banyak pihak. Salah satunya seperti menjual kembali ponsel tersebut dengan harga yang lebih tinggi dibanding banderol resmi. Praktik biasa yang dilakukan para tengkulak.

Tidak disebutkan berapa jumlah pemesanan yang dibatalkan, namun langkah ini sepertinya berdampak pada sebagian konsumen yang berkeluh kesah di media sosial.

Keluhan-keluhan pembatalan transaksi tersebut cukup banyak dilontarkan konsumen di  Twitter sambil me-mention akun @Poco_ID atau @LazadaIDCare.

Sebagian besar calon pemilik Poco M3 menganggap pembatalan tersebut dilakukan sepihak dan alasan yang dikemukakan dianggap mengada-ngada.

Selain konsumen, Dian yang merupakan reviewer gadget dengan kanal YouTube "Main Lagi" juga kena efek pembatalan. Dian menceritakan kronologi pemesanan hingga pembatalan pesanan Poco M3 kepada KompasTekno, Kamis (28/1/2021).

Kronologi

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 26 Januari pukul 10.00 WIB lalu, Dian memutuskan untuk mengikuti flash sale Poco M3 di e-commerce Lazada.

Ponsel tersebut berhasil dipesan pada pukul 10.00 WIB lebih 22 detik dengan metode pembayaran di tempat (cash on delivery/COD).

Pada hari yang sama, tepat pukul 21.39 WIB, Dian mengatakan bahwa pesanannya sudah masuk ke gudang dan siap dikirimkan ke rumahnya.

Namun, semua berubah setelah Poco Indonesia mengumumkan bahwa pihaknya membatalkan sejumlah transaksi Poco M3. Postingan tersebut diunggah pada 27 Januari pukul 17.40 WIB.

"Tanggal 27 Januari (siang hingga sore) saya melakukan pengecekan berkala dan masih aman, tidak ada perubahan status," jelas Dian ketika dihubungi KompasTekno, Kamis.

"Ketika ada postingan Poco Indonesia tentang cancel itu, saya kembali cek tracking (pesanan) pada 19.44 WIB dan status sudah diganti (menjadi) 'pengiriman gagal'," imbuh Dian.

Ilustrasi laman pesanan Poco M3 di Lazada atas nama Dian. Pesanan tampak dibatalkan pada 27 Januari pukul 19.13 WIB.Instagram.com/mainlagiyt Ilustrasi laman pesanan Poco M3 di Lazada atas nama Dian. Pesanan tampak dibatalkan pada 27 Januari pukul 19.13 WIB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X