Google Lens Kini Bisa Terjemahkan Bahasa Secara Offline

Kompas.com - 28/01/2021, 15:44 WIB
Ilustrasi aplikasi Google Lens 9to5GoogleIlustrasi aplikasi Google Lens

KOMPAS.com - Ada yang baru dari aplikasi penerjemah Google Lens. Aplikasi besutan Google tersebut kini bisa digunakan untuk menerjemahkan teks secara offline tanpa sambungan internet.

Untuk bisa menggunakan fitur terbaru ini, pengguna wajib melakukan pembaruan aplikasi ke versi terbaru. Meski demikian, pembaruan ini hanya tersedia untuk Android saja.

Untuk mulai menerjemahkan kalimat, pengguna bisa membuka aplikasi Google Lens dan menggeser opsi menjadi "Translate".

Pilihan bahasa yang tersedia juga bisa diganti melalui menu bahasa yang terletak di sisi atas layar. Apabila ingin menerjemahkan kalimat secara offline, pengguna wajib mengunduh paket bahasa yang diinginkan terlebih dahulu.

Baca juga: Google Lens Terbaru Bisa Kerjakan Soal Matematika

KompasTekno mencoba mengunduh opsi Bahasa Indonesia dengan menekan tombol "unduh". Tombol ini bisa ditemukan di sisi kanan daftar pilihan bahasa.

 

Setelah tombol tersebut ditekan, akan muncul sebuah notifikasi yang menunjukkan ukuran file bahasa dan kapasitas ruang penyimpanan yang tersisa di ponsel.

Cara mengunduh bahasa pada aplikasi Google LensKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengunduh bahasa pada aplikasi Google Lens

Adapun ukuran file yang harus diunduh terbilang kecil, yakni sebesar 48 MB untuk pilihan Bahasa Indonesia. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (28/1/2021), setelah bahasa berhasil diunduh, pengguna bisa menjalankan Google Lens secara offline. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke teks atau tulisan yang ingin diterjemahkan.

Selanjutnya, Google Lens akan secara otomatis menerjemahkan kalimat yang tertangkap oleh kamera. Hasil terjemahan tersebut akan secara otomatis "menimpa" teks bahasa yang sebelumnya berbahasa asing.

Baca juga: Google Lens Bisa Salin Tulisan Tangan Sebagai Teks Digital

Seperti Google Translate, hasil teks yang sudah diterjemahkan juga bisa disimpan oleh pengguna. Untuk menyimpan teks hasil terjemahan, pengguna cukup mengetuk tombol "Copy all" pada kolom yang tersedia.

Selain bisa disimpan, pengguna juga dapat langsung membuka teks yang sudah disalin melalui aplikasi Google Translate. Caranya, pengguna hanya perlu mengetuk tombol "Open in Translate".



Sumber 9To5Google
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X