Saham GameStop Naik Drastis dan Catat Rekor Baru, Apa Pemicunya?

Kompas.com - 28/01/2021, 16:29 WIB
Ilustrasi gerai Gamestop. WallstreetjournalIlustrasi gerai Gamestop.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Harga saham salah satu perusahaan peritel game raksasa, Gamestop (GME) yang terdaftar di bursa saham New York (NYSE) terus meroket hingga mencapai rekor tertinggi.

Pada pembukaan perdagangan, Rabu (27/1/2021), harga saham GME tercatat di angka 327 dolar AS, meningkat dari dolar AS pada penutupan hari sebelumnya, menurut situs Marketwatch.

Beberapa jam setelah pembukaan yang disertai dengan sedikit fluktuasi pasar, saham GME menyentuh rekor tertinggi perusahaan dengan angka 371 dolar AS.

Harga saham GME sendiri diketahui sudah merangkak naik sejak pembukaan perdagangan Senin (25/1/2021) lalu. Kala itu, harga sahamnya tercatat di angka 87,8 dolar AS, naik dari angka 65 dolar AS di penutupan perdagangan Jumat (22/1/2021).

Beberapa jam setelah pembukaan, harga sahamnya bahkan melesat ke angka 138 dolar AS.

Ilustrasi saham Gamestop yang terus meroket.MarketWatch Ilustrasi saham Gamestop yang terus meroket.

Meski ada sedikit fluktuasi, peningkatan harga saham GME ini cenderung ke angka positif dalam sepekan terakhir, hingga mencapai rekor tertinggi pada pembukaan perdagangan Rabu tadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena kenaikannya ekstrim, NYSE bahkan sempat menghentikan perdagangan saham GME sebanyak sembilan kali. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Didorong sentimen positif

Menurut sejumlah laporan, harga saham GME sendiri melonjak setelah seorang penanam modal ventura kenamaan dari Social Capital, Chamath Palihapitiya mengklaim telah membeli saham Gamestop dalam jumlah yang sangat besar.

Hal ini sejatinya memicu para pembeli saham pribadi di Twitter, dan juga sub-forum Reddit, berbondong-bondong membeli saham GME karena adanya sentimen positif dan prediksi bahwa harga akan terus naik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.