Pengiriman Ponsel Realme Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kompas.com - 29/01/2021, 10:27 WIB
Realme Exclusive Store di Cibinong City Mall. Dok. Realme IndonesiaRealme Exclusive Store di Cibinong City Mall.

KOMPAS.com - Firma riset Counterpoint Reseach telah merilis laporan pangsa pasar smartphoe global untuk kuartal IV-2020. Dari laporan itu, Realme menjadi satu-satunya merek dengan pertumbuhan terbesar dari tahun ke tahun (year over year).

Menurut Counterpoint, jumlah pengiriman ponsel Realme pada kuartal IV-2020 ini meningkat 80 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau naik hampir dua kali lipat.

Dari segi jumlah, Realme mengirimkan 14 juta unit ponsel pada kuartal IV-2020, naik dari 7,8 juta unit pada periode yang sama 2019.

Baca juga: Kalahkan Realme, Xiaomi Rajai Pasar Smartphone Murah Indonesia

Jumlah total pengiriman smartphone Realme juga meningkat 65 persen. Sepanjang 2020, Realme mengirim 42,4 juta unit smartphone, sementara pada 2019 lalu, total pengiriman smartphone Realme adalah 25,7 juta unit.

Capaian itu membuat Realme memegang predikat sebagai merek dengan pertumbuhan terbesar di dunia, selama lima kuartal berturut-turut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (29/1/2021).

Dalam hal pangsa pasar global, pada kuartal IV-2020 ini Realme memiliki capaian 4 persen, atau naik 2 persen dari periode yang sama tahun lalu. Namun jika dihitung dari kuartal ke kuartal, pangsa pasar Realme mengalami penurunan 5 persen.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal IV-2020, Apple Geser Samsung

Kendati demikian, hasil tersebut belum mampu mendorong Realme masuk lima besar merek smartphone global dunia versi Counterpoint Research. Pangsa pasar 4 persen tadi hanya mengantarkan Realme ke posisi tujuh global.

Lima besar penguasa pangsa pasar global

Secara keseluruhan, lima besar vendor smartphone global masih dihuni pemain lama. Hanya saja, mereka saling bertukar posisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X