1,8 Miliar Orang Buka Facebook dalam Sehari

Kompas.com - 29/01/2021, 11:03 WIB
ilustrasi Facebook time.comilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 nampaknya membuat pengguna aktif harian jejaring sosial Facebook terus meningkat.

Dalam laporan keuangan kuartal IV- 2020, Facebook memaparkan bahwa ada sekitar 1,84 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap harinya.

Jumlah pengguna aktif harian ini meningkat 11 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Adapun jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) pada 2020 dilaporkan mencapai lebih dari 2,8 miliar setiap bulannya, meningkat 12 persen secara Year-of-Year.

Baca juga: Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dijual Rp 280.000 di Telegram

"Pada akhir tahun ini (2020), kami memiliki performa kuartal yang baik dan komunitas serta bisnis kami terus tumbuh meski di masa-masa sulit seperti sekarang," kata pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Terkait jumlah pengguna, Facebook mengungkap bahwa secara total ada sekitar 2,6 miliar orang yang menggunakan layanan milik Facebook setiap harinya. Diketahui ada tiga layanan yang dimiliki Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Sementara 3,3 miliar orang terpantau mengakses salah satu dari beberapa layanan Facebook di atas, setidaknya dalam satu bulan terakhir.

Pendapatan naik

Selain jumlah pengguna aktif harian dan bulanan yang meningkat, pendapatan dari perusahaan jejaring sosial ini juga meningkat hingga 31 persen meski mengalami kendala terkait pemasangan iklan selama Pemilu AS tahun lalu.

Pada kuartal IV-2020, Facebook membukukan pendapatan sebesar 28 miliar dollar AS atau sekitar Rp 395 triliun.

Sementara, laba bersih perusahaan tercatat mengalami peningkatan hingga 53 persen, mencapai 11,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 158 triliun.

Baca juga: Klarifikasi WhatsApp soal Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook

Pendapatan Facebook dari divisi hiburan, termasuk perangkat headset VR Oculus, dilaporkan naik 156 persen menjadi 885 juta dollar AS (sekitar Rp 12,5 triliun).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (29/1/2021), mayoritas pendapatan tersebut berasal dari produk Oculus Quest 2 yang dirilis pada September 2020 lalu.

"Kami antusias menyambut tahun 2021 dengan terus berinovasi, untuk menciptakan peluang ekonomi, membangun lebih banyak komunitas baru, dan membuat pengguna kami bahagia," jelas Zuckerberg.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X