Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Chat di WhatsApp Kini Bisa Dipindahkan ke Telegram, Begini Caranya

Kompas.com - 29/01/2021, 11:31 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi baru, para pengguna mulai beralih menggunakan aplikasi lain. Salah satu yang menjadi sasaran eksodus adalah Telegram

Namun, tak sedikit pengguna WhatsApp yang menunda kepindahannya ke Telegram karena takut riwayat percakapannya di WhatsApp akan hilang.

Oleh karena itulah Telegram membuat fitur baru yang memungkinkan penggunanya dapat memindahkan riwayat percakapan dari aplikasi pesan instan lain, termasuk WhatsApp.

Melalui blog resminya, Telegram mengatakan bahwa fitur baru ini sudah bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa memindahkan isi percakapan mereka baik chat individu maupun grup.

Baca juga: Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dijual Rp 280.000 di Telegram

"Mulai hari ini, semua orang dapat memindahkan riwayat obrolan mereka, termasuk video dan dokumen, ke Telegram dari aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, dan KakaoTalk," tulis Telegram.

Untuk memindahkan isi chat dari WhatsApp ke Telegram, pengguna cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Untuk pengguna Android, pertama-tama, buka chat di WhatsApp yang ingin dipindahkan ke Telegram. Kemudian tekan tombol tiga titik yang ada di pojok kanan atas.

Kemudian, pilih "More" dalam menu pengaturan pesan, lalu klik "Export Chat" seperti di bawah ini.

Fitur baru Telegram yang memungkinkan penggunanya dapat mengimpor obrolan dari aplikasi WhatsApp9to5google.com Fitur baru Telegram yang memungkinkan penggunanya dapat mengimpor obrolan dari aplikasi WhatsApp
Setelah itu, pilih aplikasi Telegram dalam menu "Share". Setelah masuk ke dalam aplikasi Telegram, pilih kontak yang sesuai. Secara otomatis, semua riwayat dan isi percakapan chat di WhatsApp akan dipindahkan ke Telegram.

Sementara untuk pengguna iOS, caranya juga serupa. Bedanya, untuk mengakses menu "export" di WhatsApp, pengguna harus masuk ke halaman info atau profil chat yang bersangkutan.

Baca juga: Begini Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Setelah itu, langkah yang dilakukan sama seperti memindahkan chat WhatsApp di Android. KompasTekno pun mencoba fitur ini dan memang sudah dapat digunakan.

Dirangkum KompasTekno dari Blog Telegram, Jumat (29/1/2021), setelah berhasil dipindahkan, riwayat obrolan yang telah diimpor akan diberi label khusus berupa keterangan "imported", sebagai penanda bahwa pesan tersebut berasal dari layanan yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com