Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Poco M3 Digelar, Pembeli "Bukan Tengkulak" Kembali Tidak Kebagian

Kompas.com - 29/01/2021, 12:35 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Xiaomi Indonesia kembali menggelar flash sale smartphone Poco M3 tambahan, setelah sejumlah transaksi pada penjualan kilat perdana 26 Januari lalu dibatalkan.

Beberapa menit setelah flash sale 29 Januari ini usai, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse sesumbar bahwa sesi flash sale yang digelar pukul 10.00 WIB tadi berhasil melego puluhan ribu unit Poco M3.

"Poco M3 hari ini terjual lebih dari 10.000 unit," tutur Alvin membalas twit seorang pengguna. Jumlah tersebut adalah total dari keseluruhan SKU.

Namun, belum diketahui apakah pembeli asli/bukan tengkulak yang transaksinya dibatalkan pada 26 Januari lalu kembali mendapatkan unit Poco M3 atau tidak.

Baca juga: Flash Sale Poco M3 Kembali Digelar Hari Ini, Nasib Pembeli Asli Belum Jelas

Namun, yang jelas, masih ada sejumlah konsumen yang kecewa dengan flash sale Poco M3 hari ini. Mereka adalah konsumen "asli", alias bukan tengkulak, yang terdampak pembatalan pada flash sale pertama.

Dua di antaranya disampaikan lewat akun Twitter dengan handle @twistedclever dan @bocaahozora.

Sejatinya, bersama Xiaomi, Lazada ingin memastikan para pembeli Poco M3 adalah mereka yang benar-benar ingin memakai ponsel, bukan yang membeli dalam jumlah banyak untuk dijual lagi (tengkulak).

Hal itu juga diperkuat oleh pernyataan Alvin.

"Lazada menerapkan mekanisme pembelian satu unit satu akun. Mereka (juga) mengevaluasi perilaku pembeli, wilayah geografis, alamat IP, nomor unik perangkat, hingga IMEI. Sehingga flash sale ke depannya akan lebih aman (dari bot)," tutur Alvin di twit terpisah.

Namun, mekanisme tersebut tampaknya masih belum efektif lantaran sejumlah pengguna yang terdampak pembatalan masih belum bisa mendapatkan Poco M3 pada flash sale kedua hari ini.

Baca juga: Xiaomi Minta Maaf ke Pembeli Asli Poco M3 yang Dibatalkan

Perlu diketahui, flash sale kedua ini sendiri tidak dikhususkan untuk pembeli yang terkena dampak pembatalan. Artinya, konsumen "baru" juga bisa berpartisipasi dalam ajang penjualan kilat tersebut, termasuk KompasTekno.

Ludes kurang dari semenit

Ilustrasi laman penjualan flash sale kedua Poco M3 pukul 09.59 WIB (kiri) dan pukul 10.00 WIB (kanan)KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi laman penjualan flash sale kedua Poco M3 pukul 09.59 WIB (kiri) dan pukul 10.00 WIB (kanan)

Penelusuran KompasTekno di aplikasi Lazada, Jumat (29/1/2021) pukul 10.00 WIB, semua unit Poco M3, baik itu warna maupun varian RAM/storage-nya, terpantau sudah terjual habis. Walhasil, ponsel ini pun tidak bisa dipesan lagi pada jam dan menit yang sama.

Sebelumnya, KompasTekno sudah memantau laman penjualan Poco M3 6 GB/128 GB varian warna Cool Blue sejak pukul 09.59 WIB.

Tepat pada pukul 10.00 WIB, laman tersebut kami refresh dan ponsel itu bisa kami "beli" secara langsung dengan satu metode pembayaran yang tersedia, yaitu pembayaran di tempat (cash on delivery/COD).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com