Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iris Xe, GPU Diskrit Pertama Intel untuk Desktop Resmi Meluncur

Kompas.com - 29/01/2021, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PocketNow

KOMPAS.com - Sekitar Oktober 2020 lalu, Intel terjun ke bisnis chip pengolah grafis (GPU) eksternal (discrete) pertama kalinya lewat produk Iris Xe Max. Chip GPU dedicated ini dirancang untuk laptop yang memiliki dimensi tipis.

Kini, produsen chip asal Santa Clara, Amerika Serikat tersebut kembali meluncurkan produk Iris Xe tanpa embel-embel "Max", yang didesain khusus untuk perangkat komputer desktop.

Untuk menciptakan performa sekelas discrete graphics, GPU eksternal desktop perdana Intel ini memiliki VRAM dengan kapasitas 4 GB, dipadu dengan execution units (EUs) berjumlah 80 unit.

Baca juga: Rencana CEO Baru Intel, Kalahkan Prosesor Apple M1

Angka EUs ini sejatinya lebih rendah dibanding Iris Xe Max. Meski demikian, performanya diklaim bakal tetap setara berkat lingkungan desktop yang tingkat dayanya lebih tinggi, berikut ruang yang lebih luas untuk sirkulasi udara dibanding laptop.

Untuk segi konektivitas, GPU Intel Iris Xe dibekali dengan tiga port display yang masing-masing mendukung output dengan resolusi hingga 4K. Ketiga port ini juga bisa dipakai bersamaan untuk menampilkan gambar dengan resolusi yang dimaksud.

Ilustrasi desain GPU Intel Iris Xe rancangan Asus.Intel Ilustrasi desain GPU Intel Iris Xe rancangan Asus.

Ada pula dukungan video decode dan encode berbasis hardware acceleration (AV1, HEVC, AVC, VP9, dll), Adaptive Sync, Display HDR, serta dukungan DP4a untuk menggenjot berbagai kinerja kecerdasan buatan (AI).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PocketNow, Jumat (29/1/2021), GPU eksternal ini ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: Setelah 14 Tahun, AMD Akhirnya Ungguli Intel

GPU eksternal ini juga disinyalir kuat hanya akan dijual sebagai komponen yang sudah terpasang di CPU, tidak dijual secara terpisah kepada konsumen.

Untuk ketersediaannya, Intel bakal bekerja sama dengan dua vendor perancang GPU ternama, salah satunya Asus, untuk menjadikan Iris Xe sebagai komponen add-in card (AIC) dalam komputer desktop.

Colorful disebut-sebut menjadi vendor lainnya yang bakal merancang AIC Iris Xe, hanya saja rumor ini belum bisa dipastikan lantaran Intel belum mengonfirmasi.

Tidak disebutkan pula kapan desktop dengan GPU Iris Xe ini mulai membanjiri pasar, untuk bersaing dengan dua vendor GPU discrete lainnya, yakni Nvidia dan AMD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PocketNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com