Alasan Galaxy S21 Ultra Hanya Mendukung Pengecasan Cepat 25W

Kompas.com - 31/01/2021, 13:14 WIB
Galaxy S21 Ultra dan kotak kemasannya KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy S21 Ultra dan kotak kemasannya
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung meresmikan kehadiran trio Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra di Indonesia dalam sebuah acara peluncuran virtual, Kamis (14/1/2021).

Ketiga ponsel tersebut merupakan suksesor dari Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra yang membawa sejumlah perubahan signifikan, baik itu dari sektor desain maupun hardware.

Meski demikian, ada salah satu fitur yang "disunat" oleh Samsung di varian Galaxy S21 Ultra, yakni sektor kecepatan pengisian daya (fast charging).

Di atas kertas, ponsel tersebut dibekali dengan teknologi fast charging 25W, alih-alih 45W seperti Galaxy S20 Ultra.

Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan, teknologi pengecasan cepat 25W ini dibenamkan lantaran pihaknya tidak melihat adanya perbedaan dengan teknologi fast charging 45W.

"Berdasarkan riset yang kami lakukan, fitur fast charging 25 watt tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan fast charging 45 watt dari sisi durasi pengisian daya," ujar Taufiq kepada KompasTekno.

Taufiq tidak menjelaskan secara rinci berapa sebenarnya selisih kecepatan pengisi daya 25W dengan 45W.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Namun, apabila mengacu pada laporan Sammobile yang melakukan pengujian terhadap dua unit Galaxy Note 10 Plus dengan pengisi daya 25W dan 45W secara bersamaan, selisih kecepatan antara dua teknologi tersebut tampaknya memang tidak terlampau jauh.

Ketika dicas menggunakan kepala (adapter) charger 25W, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh tersebut terisi sebanyak 67 persen selama 30 menit dan 100 persen selama kurang lebih 68 menit.

Adapun adapter charger 45W mampu mengisi daya baterai sebanyak 73 persen dalam waktu 30 menit dan 100 persen dalam waktu kurang lebih 56 menit.

Nah, selisih beberapa menit ini boleh jadi menjadi pertimbangan Samsung melakukan downgrade pada kecepatan pengisian Galaxy S21 Ultra, seperti apa yang dikatakan Taufiq tadi.

Sebagai informasi, trio Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra sendiri ditopang baterai dengan kapasitas masing-masing 4.000 mAh, 4.800 mAh, dan 5.000 mAh. Ketiganya mengadopsi pengisian cepat 25W dan wireless charging 15W.

Meski demikian, pemilik trio ponsel teranyar Samsung tersebut harus membeli adapter charger 25W secara terpisah karena Samsung tidak menyertakannya dalam kotak penjualan.

Baca juga: Harga Charger Orisinil Samsung Galaxy S21 di Indonesia Jika Dibeli Terpisah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X