YouTube Uji Coba Fitur untuk Bikin Cuplikan Video

Kompas.com - 01/02/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi Youtube. CnetIlustrasi Youtube.

KOMPAS.com - YouTube tengah menguji coba sebuah fitur baru bernama Clips. Fitur ini mulai diuji untuk YouTube versi Android dan desktop untuk sejumlah pengguna.

Seperti namanya, fitur Clips berfungsi untuk membuat cuplikan dari sebuah video. Fitur ini bisa digunakan untuk memotong dan memperlihatkan bagian menarik dari video tersebut untuk kemudian dibagikan melalui sebuah link.

Sederhananya, fitur ini bisa digunakan untuk membuat sebuah video pendek layaknya sebuah trailer. Fitur ini bisa digunakan memotong klip baik di unggahan pribadi, maupun video dari pengguna lain.

Fitur semacam ini sebenarnya sudah lebih dimiliki platform Twitch.

Pengguna yang kebagian menguji coba fitur ini, akan mendapati sebuah tombol baru di bagian bawah video tepat di sebelah tombol like dan dislike. Tombol tersebut berbentuk gunting.

Untuk mulai menggunakan Clips, cukup diklik ikon tersebut. Nantinya akan muncul halaman "Create Clip" di samping video yang akan diedit.

Baca juga: YouTube Ungkap Nilai Penghasilan YouTuber, Tembus Ratusan Triliun Rupiah

Pengguna kemudian cukup menggeser ke kanan atau ke kiri untuk memotong bagian video dengan durasi yang diinginkan.

Lewat fitur ini, pengguna YouTube dapat mengatur dan menggeser klip video mana yang akan dipilih lalu menyusunnya dalam urutan yang dikehendaki. Cuplikan yang dibuat minimal berdurasi lima dengan maksimal 60 detik.

Setelah selesai memilih bagian mana yang akan dipotong, klip tersebut juga bisa ditambahkan judul sebelum dibagikan ke platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Reddit, dan lainnya.

Fitur baru YouTube, ClipsKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur baru YouTube, Clips
YouTube mengatakan bahwa fitur Clips ini tidak akan tersedia bagi pengguna akun YouTube Kids. Sebagai informasi, YouTube Kids sendiri merupakan platform khusus bagi anak-anak yang dirilis pada 2015 lalu.

Selain itu, video yang memiliki durasi panjang sekitar lebih dari delapan jam juga tidak akan menjumpai fitur Clips.

Baca juga: YouTuber Pengulas Gadget Ternama Beberkan Strategi Dapat Uang dari YouTube

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (1/2/2021), potongan klip yang sudah dibagikan akan hilang secara otomatis apabila video aslinya dihapus oleh pemilik akun atau diubah menjadi mode privat.

Selain itu, YouTube juga mengatakan bahwa klip yang berdurasi lebih dari 30 detik kemungkinan akan dijejali cupilkan iklan di dalamnya. Petunjuk untuk mencoba fitur Clips ini bisa dilihat melalui tautan berikut ini 



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X