Kejuaraan Dunia Mobile Legends M2 Ditonton 3 Juta Orang, Indonesia Paling Rajin

Kompas.com - 02/02/2021, 07:03 WIB
Poster turnamen M2 World Championship 2020 Mobile LegendsPoster turnamen M2 World Championship 2020
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Turnamen e-sport M2 World Championship 2020 usai digelar pekan lalu. Ajang kompetisi kelas dunia yang berlangsung selama tiga hari tersebut berhasil ditonton oleh jutaan orang secara live streaming.

Berdasarkan laporan EsportsCharts, turnamen yang mempertandingkan game Mobile Legends ini mampu mencapai jumlah penonton terbanyak (peak viewers) hingga lebih dari 3 juta orang secara bersamaan.

Dari semua pemirsa yang datang dari berbagai negara, orang Indonesia ternyata adalah yang paling betah menonton M2 World Championship 2020, dilihat dari hours watched atau durasi menonton.

Baca juga: Mobile Legends M2 World Championship Cetak Rekor 3,08 Juta Views

Penggemar Mobile Legends asal Tanah Air tercatat menonton M2 World Championship 2020 selama total 21,3 jam, atau sekitar 50 persen dari total durasi hours watched selama 42,7 jam.

Jumlah penonton tertinggi di kompetisi M2 World Championship dibanding turnamen lain.Esports Charts Jumlah penonton tertinggi di kompetisi M2 World Championship dibanding turnamen lain.

Jumlah hours watched ini lebih tinggi dibanding penonton asal Myanmar dan Filipina yang masing-masing menyaksikan sekitar 18,7 persen dan 17,5 persen dari total durasi.

Bahasa Indonesia pun menjadi pilihan bahasa terpopuler berdasarkan hours watched, dengan proporsi lebih dari 50 persen.

Baca juga: Final M2 Mobile Legends, Bren Esports Boyong Rp 1,9 Miliar

Dengan penonton mencapai kisaran 3 juta, M2 World Championship berhasil mengalahkan turnamen bergengsi The International 2019 (Dota 2) dan IEM Katowice 2020 (Counter-Strike: Global Offensive) yang masing-masing meraup 1,9 juta dan 1 juta peak viewers.

Meski demikian, jumlah penontonnya belum setinggi ajang 2020 World Championship (League of Legends) dengan angka 3,8 juta penonton.

Pembagian jumlah hours watched berdasarkan bahasa dan Negara.Esports Charts Pembagian jumlah hours watched berdasarkan bahasa dan Negara.

RRQ Hoshi jadi tim terpopuler

Beralih ke statistik lainnya, salah satu perwakilan dari Indonesia, RRQ Hoshi, juga mendapatkan gelar tim terfavorit di ajang M2 World Championship.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X