Stok Prosesor AMD Menipis, Kabar Buruk untuk PS5 dan PC

Kompas.com - 02/02/2021, 11:31 WIB
CEO and President of AMD Lisa Su, dalam saat bicara dalam Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017) Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comCEO and President of AMD Lisa Su, dalam saat bicara dalam Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017)

KOMPAS.com - Berkat konsol next-gen PlayStation 5 serta Xbox Series X dan S yang memakai prosesor buatannya, juga lini prosesor Ryzen untuk PC, AMD menorehkan kenaikan pendapatan berkali-kali lipat pada kuartal IV-2020.

Di sisi lain, tingginya angka permintaan atas produk-produk AMD menyebabkan kelangkaan stok barang di pasaran, terutama untuk CPU dan GPU. CEO AMD Lisa Su menyebutkan keadaan ini bakal berlanjut hingga paruh kedua 2021.

Baca juga: Keuntungan AMD Melonjak Hampir 1.000 Persen

Artinya, stok komponen AMD ke Sony selaku produsen konsol PlayStation 5 ( PS5), Microsoft sebagau pembuat Xbox Series X dan S, serta pasaran PC secara umum bakal tersendat.

Hingga stok ketersediaan komponen kembali normal, Su memperkirakan produk untuk PC dan konsol di segmen menengah ke bawah bakal terdampak lebih parah oleh kelangkaan barang.

Artinya, sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno dari Tom's Hardware, Selasa (2/2/2021), produk-produk dengan margin harga lebih tinggi dapat lebih mudah ditemukan di pasaran.

Saat ini stok konsol PS5 dan Xbox Series X tengah mengalami kelangkaan. Apabila prediksi yang disampaikan Su benar adanya, maka Sony dan Microsoft diperkirakan bakal semakin sulit memenuhi tingginya permintaan konsol.

Baca juga: Stok Ludes, Reseller Jual PS5 di Indonesia hingga Rp 30 Juta

Sebenarnya sejak awal pun produk-produk yang memakai komponen AMD itu pun sudah langka di pasaran. Misalnya saja PS5 yang sempat kehabisan stok di berbagai wilayah. Prosesor Ryzen seri 5000 dan GPU Radeon seri RX 6000 untuk PC pun senasib.

AMD bukan satu-satunya pabrikan semikonduktor yang mengalami kelangkaan barang. Pesaingnya di industri GPU, Nvidia, juga mengalami kendala serupa dengan seri kartu grafis GeForce RTX 30 yang pasokannya diperkirakan bakal tersendat hingga April mendatang.

Baca juga: Laptop dan PC Kekurangan Stok, Diprediksi Baru Pulih pada 2022



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X