Membandingkan Keamanan WhatsApp dan iMessage yang "Ditakuti" Zuckerberg

Kompas.com - 02/02/2021, 18:31 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menyebut Apple sebagai kompetitor utama perusahaannya. Padahal, Facebook dan Apple bergerak dalam bisnis yang berbeda.

Usut punya usut, ternyata salah satu alasan utama Zuckerberg dibuat cemas oleh Apple ialah karena aplikasi pesan instan bawaan perangkat Apple, iMessage. Sebagaimana diketahui, Facebook Inc juga memiliki WhatsApp yang berada di bawah naungannya.

WhatsApp sendiri tidak begitu populer di wilayah AS, karena para pengguna lebih suka menggunakan aplikasi pesan instan bawaan di smartphone mereka, seperti iMessage.

"iMessage sudah terpasang di setiap iPhone. Itulah sebabnya iMessage jadi layanan pesan instan paling banyak digunakan di AS," kata Zuckerberg dalam paparan kinerja perusahaan kuartal keempat 2020, dihimpun KompasTekno dari India Today, Selasa (2/2/2021)

Padahal menurut Zuckcerberg, fitur keamanan WhatsApp lebih andal dibandingkan iMessage. Ia menyebut fitur enkripsi end-to-end milik WhatsApp membuatnya "jelas lebih unggul" dari iMessage.

Lantas, apa saja perbedaan WhatsApp dan iMessage, terlebih soal pengelolan data penggunanya?

Baca juga: Pesaing Berat WhatsApp Bukan Telegram atau Signal, Menurut Zuckerberg

Enkripsi ujung-ke-ujung

Dari segi pengamanan pesan, percakapan yang berlangsung di WhatsApp telah dilindungi dengan enkripsi dari ujung-ke-ujung (end-to-end encryption).

Enkripsi WhatsApp terpasang secara default, sehingga pengguna tak perlu repot mengotak-atik pengaturan apapun. Sistem enkripsi berlaku untuk perpesanan teks, audio, hingga video call baik di aplikasi mobile maupun WhatsApp Web.

Dihimpun dari Tech Radar, WhatsApp menggunakan sistem enkripsi Signal Protocol yang dikembangkan oleh Open Whisper System.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X