"Mod" Game Cyberpunk 2077 Bikin PC Rawan Dibajak Hacker

Kompas.com - 02/02/2021, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Mod pasti sudah tidak asing lagi di telinga para gamer. Berbeda dengan cheat yang terbilang ilegal, mod umumnya digunakan untuk mengubah unsur di dalam game sehingga tampilan yang disajikan tampak berbeda.

CD Projekt Red merupakan contoh pengembang yang secara resmi memberikan dukungan mod pada salah satu game besutannya, yaitu Cyberpunk 2077. Sayangnya, mod di game ini ternyata bisa disalahgunakan oleh hacker untuk mengambil alih perangkat korban.

Baca juga: Meski Ada Bug, Game Cyberpunk 2077 Tetap Laris

Masalah tersebut diungkap lewat sebuah posting di forum online Reddit. Disebutkan bahwa kode berbahaya bisa disisipkan di dalam mod atau save game yang dimodifikasi. Kode kemudian dapat dipakai oleh hacker pembuatnya untuk mengambil alih PC korban.

Mod atau save game hasil modifikasiuntuk Cyberpunk 2077 bisa diunduh dari berbagai sumber. Sulit bagi pengguna awam untuk mengetahui apakah di dalamnya ada kode berbahaya atau tidak.

Selain PC, celah keamanan yang sama kemungkinan juga bisa berdampak pada versi PS4 dari game Cyberpunk 2077.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Bug Misi Down on The Street di Cyberpunk 2077

Pihak CD Projekt Red kabarnya sudah diberi tahu mengenai risiko sekuriti ini selama hampir seminggu, tapi belum merilis perbaikannya pada pembaruan Hotfox 1.11 yang dirilis pekan lalu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Selasa (2/2/2021), selagi menunggu patch resmi dari CD Projekt Red, pengguna bisa coba mengunduh plugin Cyber Engine Tweaks versi 1.9.6 yang terbaru.

Pemain Cyberpunk 2077 juga disarankan tidak mengunduh mod atau save game untuk sementara waktu, setidaknya sampai CD Projekt Red merilis perbaikan celah keamanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.