Surat ke Karyawan Ungkap Alasan CEO Amazon Mundur, Begini Isinya

Kompas.com - 03/02/2021, 12:30 WIB
Jeff Bezos ReuthersJeff Bezos
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Jeff Bezos mengumumkan akan mundur dari posisinya sebagai CEO Amazon. Pria berkepala plontos ini adalah sosok founder Amazon yang setia mengawal pertumbuhannya sejak didirikan 27 tahun lalu.

Bezos pun melayangkan surat yang ditujukan kepada para karyawan Amazon. Di dalamnya, dia mengatakan akan menyerahkan jabatan CEO perusahaan ke Andy Jassy yang kini menjabat sebagai CEO Amazon Web Services.

Dia juga mengisahkan perjalanan hidupya di Amazon yang bermula pada 1994. Ketika itu, tulis Bezos, internet masih belum banyak diketahui oleh orang-orang dan Amazon masih sekadar ide belaka.

Baca juga: Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon

Awalnya Amazon adalah toko buku online, tapi kemudian berkembang menjual aneka barang lain serta membuat produk sendiri. Area bisnisnya pun melebar hingga turut mencakup cloud service dan gadget.

Menurut Bezos, Amazon telah banyak mempelopori inovasi baru yang awalnya dianggap sebagai ide nyeleneh -mulai dari ulasan pembeli hingga infrastruktur cloud- tapi kemudian diterima dan dianggap normal.

"Penciptaan hal-hal baru adalah akar kesuksesan kita," ujar Bezos dalam suratnya. "Kalau dilakukan dengan benar, beberapa tahun kemudian sebuah ciptaan baru akan dianggap normal," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amazon kini telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia yang mempekerjakan lebih dari 1,3 juta orang. Bezos sendiri adalah orang terkaya di dunia berkat kepemilikannya atas perusahaan tersebut.

Baca juga: Mengenal Andy Jessy, Sosok Pengganti Jeff Bezos sebagai CEO Amazon

Kendati demikian, dia merasa kini sudah saatnya mundur dan menyerahkan tanggung jawab sebagai CEO kepada Andy Jassy yang akan mulai menjabat pada kuartal-III 2021.

Alasannya, dia merasa terlalu sibuk sehingga tidak bisa mengurus hal lain. "Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab yang besar," katanya.

Setelah undur diri, Bezos berharap bisa lebih fokus di usahanya yang lain, seperti perusahaan antariksa Blue Origin, surat kabar The Washington Post, dan yayasan lingkungan Bezos Earth Fund.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Amazon
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.