Facebook Mulai Minta Izin Lacak Data Pengguna iOS untuk Iklan

Kompas.com - 03/02/2021, 13:43 WIB
ilustrasi Facebook 9to5Mac.comilustrasi Facebook
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun lalu, Apple mengumumkan sebuah kebijakan privasi baru yang membuat Facebook gerah.

Pembaruan tersebut akan mewajibkan para pengembang aplikasi untuk meminta izin pengumpulan data dan melacak aktivitas pengguna iPhone dan iPad untuk keperluan iklan.

Perubahan ini awalnya bakal diterapkan secara sistem di iOS 14 pada pertengahan September 2020, namun, ditunda hingga musim semi 2021 atau antara bulan Maret hingga Mei mendatang.

Facebook pun belakangan "tunduk" akan kebijakan ini, dan diketahui akan mulai menyodori tampilan persetujuan kepada seluruh pengguna aplikasi Facebook di iPhone dan iPad dalam bentuk pop-up.

Tampilantersebut berisi penjelasan Facebook terkait bagaimana Facebook mengumpulkan data aktivitas pengguna di ponsel mereka agar pengguna setuju datanya dikumpulkan untuk kepentingan iklan. 

Informasi tersebut disertai tombol "Allow" dan "Don't Allow" yang bakal ditemui pengguna saat menggunakan aplikasi Facebook.

Tampilan ini berbeda dengan pop-up yang muncul dari sistem iOS 14. Artinya, pop-up yang muncul saat pengguna membuka aplikasi Facebook berasal dari Facebook itu sendiri, bukan dari sistem iOS 14.

Ada pun narasi yang digunakan Facebook dan Apple dalam dua pop-up tersebut berbeda. Facebook menghindari kata-kata "melacak" dan menggantinya dengan kata "menggunakan".

Di dalamnya, Facebook juga menjelaskan bahwa pengguna nantinya akan mendapatkan iklan yang lebih personal serta membantu pelaku bisnis yang mengandalkan iklan untuk menjangkau pelanggan mereka.

Sementara jendela pop-up yang muncul dari sistem iOS 14 secara terang-terangan menggunakan kata-kata "melacak", supaya pengguna tahu bahwa aplikasi tersebut bisa mengancam privasi mereka.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X