Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Prinsip dan Kebiasaan Unik Jeff Bezos Saat Jadi CEO Amazon

Kompas.com - 03/02/2021, 18:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jeff Bezos memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon. Sudah menjadi rahasia umum, pria berkepala plontos ini menjadi sosok kunci di balik kemunculan dan kesuksesan Amazon hingga saat ini.

Menurut Bezos, Amazon telah banyak mempelopori inovasi baru yang awalnya dianggap sebagai ide nyeleneh -mulai dari ulasan pembeli di e-commerce Amazon, hingga infrastruktur cloud- tapi kemudian diterima dan dianggap normal.

"Penciptaan hal-hal baru adalah akar kesuksesan kita," ujar Bezos dalam suratnya. "Kalau dilakukan dengan benar, beberapa tahun kemudian sebuah ciptaan baru akan dianggap normal," imbuhnya.

Saat ini, kapitalisasi pasar Amazon sudah mencapai lebih dari 1.696 triliun dollar AS atau skitar Rp 23.766 triliun.

Baca juga: 15 Perusahaan Selain Amazon yang Dimiliki Jeff Bezos

Selama 27 tahun mengawal pertumbuhan Amazon, Bezos ternyata punya beberapa prinsip selama melebarkan sayap Amazon.

Apa saja? Berikut KompasTekno rangkum dari berbagai sumber, prinsip-prinsip yang dipegang oleh Bezos selama menjabat sebagai CEO Amazon.

1. Berorientasi pada masa depan

Menjabat sebagai CEO dari perusahaan rintisan yang sekarang telah bertransformasi menjadi perusahaan raksasa, menuntut Bezos harus selalu berinovasi.

Itulah mengapa, dalam buku bertajuk “Invent & Wander: The Collected Writings of Jeff Bezos”, Bezos mengatakan, dirinya bersama dengan staf seniornya, selalu bekerja “di masa depan”.

Dalam buku yang berisi kumpulan tulisan, surat, dan pidato Bezos itu, miliarder berusia 57 tahun itu menciptakan slogan "Thinking Three Years Out" atau berpikir tiga tahun mendatang.

Menurut Bezos, pendekatan pemikiran jangka panjang ini akan membantu bisnis fokus pada perencanaan, serta tahu di mana mereka harus menginvestasikan energi mereka.

Bezos menceritakan, ketika ia mendapatkan ucapan selamat atas pencapaiannya tiga bulanan perusahaannya melalui konferensi telepon, sebenarnya pencapain itu sudah tidak terlalu istimewa lagi baginya.

Baca juga: Surat ke Karyawan Ungkap Alasan CEO Amazon Mundur, Begini Isinya

"Saya tetap berkata 'terima kasih'. Tetapi yang saya pikirkan adalah pencapaian tiga bulanan kali ini sebenarnya sudah digodok sejak tiga tahun lalu," kata Bezos.

CEO Amazon, Jeff Bezosbusinessinsider.com CEO Amazon, Jeff Bezos

2. Membuat sedikit keputusan, tapi berkualitas

Ketika merintis Amazon, Bezos mengakui seluruh proses jual-beli ia atur sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com