Cara Nonton IG Stories Bakal seperti TikTok?

Kompas.com - 04/02/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi Instagram Stories businessinsider.comIlustrasi Instagram Stories

KOMPAS.com - Kesuksesan TikTok nampaknya menginspirasi media sosial lain untuk menjiplak fiturnya ke dalam produk masing-masing.

Setelah meluncurkan Reels, Instagram dikabarkan sedang menguji coba fitur baru bernama Vertical Stories.

Bedanya dengan Stories yang sekarang, fitur Vertical Stories memungkinkan pengguna dapat menggulirkan tampilan Instagram Stories secara vertikal (atas bawah), bukan secara horizontal (kanan-kiri).

Baca juga: Aturan Baru TikTok untuk Pengguna di Bawah 18 Tahun, Sejumlah Fitur Dibatasi

Lewat fitur ini, pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat Instagram Stories selanjutnya yang dibuat pengguna lain, dan mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Jika dilihat dari kegunaanya, fitur ini mirip dengan halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok, dan menjadi salah satu daya tarik platform yang populer di kalangan remaja tersebut.

Tanda-tanda kehadiran fitur Vertical Stories pertama kali diungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi.

Lewat unggahan di akun Twitter-nya, Paluzzi membagikan tangkapan layar yang mengungkap adanya menu "Vertical Stories" di menu pengaturan Instagram.

Selain itu, ada juga opsi "Now you can swipe up and down to browse stories" untuk membuka dan menelusuri isi Stories, dengan cara menggeser layar ke atas atau bawah.

Baca juga: Tampilan Baru Instagram Stories di Komputer, Lebih Banyak yang Ditampilkan

Menanggapi temuan Paluzzi ini, Instagram mengatakan bahwa fitur Vertical Stories masih bersifat prototipe alias belum tentu benar direalisasikan.

"Ini (fitur Vertical Stories) adalah prototipe awal dan saat ini belum diuji coba di Instagram," kata juru bicara Instagram dalam sebuah pernyataan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (4/2/2021), selain di Stories, kemungkinan format vertikal ini juga akan berlaku untuk melihat konten Reels dan IGTV.

Kendati begitu, Instagram sendiri belum banyak menjelaskan soal uji coba fitur ini di laman resminya. Termasuk apakah akan ada opsi tambahan lainnya atau tidak.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X