2 Trik untuk Pakai Apple iMessage di Ponsel Android

Kompas.com - 04/02/2021, 20:04 WIB
ilustrasi iMessage androidcentral.comilustrasi iMessage
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pengguna Apple pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chat iMessage. Aplikasi ini bisa digunakan pengguna untuk mengirim pesan, berbagi foto dan video, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga dilindungi dengan keamanan enkripsi end-to-end, sehingga, percakapan yang terjadi hanya bisa dilihat oleh si pengirim dan penerima pesan.

Perbedaannya dengan aplikasi pesan instan lain terletak pada ketersediaannya, di mana iMessage hanya bisa ditemukan di perangkat ekosistem Apple saja.

Meski demikian, ada trik agar bisa menggunakan iMessage di perangkat Android. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti AirMessage, SyncMessage, hingga Beeper.

AirMessage

Ilustrasi aplikasi AirMessage di Google Play Store.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi AirMessage di Google Play Store.
Salah satunya adalah menggunakan aplikasi AirMessage yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Namun, perlu dicatat, untuk melakukan trik ini pengguna harus memiliki komputer Mac, baik itu Macbook ataupun iMac.

Komputer Mac (iMac/Macbook) tersebut harus berjalan dengan sistem operasi macOS minimal versi 10.10 (Yosemite) atau yang lebih baru.

Mengapa harus mempunyai komputer Mac? Hal ini berhubungan dengan sistem enkripsi yang digunakan oleh iMessage, di mana pesan hanya bisa dilihat oleh perangkat yang termasuk dalam ekosistem Apple saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian syarat kedua adalah pengguna harus memiliki perangkat Android dengan sistem operasi minimal versi 6.0 (Marshmallow) atau yang lebih baru.

Baca juga: Apakah iMessage Hanya Bisa Dipakai di iPhone?

Pengaturan server AirMessage di komputer Mac.YouTube/AirMessage Pengaturan server AirMessage di komputer Mac.
Pertama-tama, unduh server AirMessage di tautan berikut dan pasang di komputer Mac dan perangkat Android Anda. Kemudian, klik tombol "Open Preferences" dan klik tombol "Edit Password" untuk mengubah kata sandi setelan pabrik (default).

Kata sandi ini nantinya dipakai untuk mengakses server AirMessage yang ada di komputer Mac melalui smartphone Android.

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengubah pengaturan keamanan komputer Mac Anda.

Pertama-tama, pergi ke menu "System Preferences" > "Security & Privacy" > "Privacy" dan pilih menu "Accessibility" yang ada di bagian kiri tampilan laman pengaturan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.