Benarkah Kamera Galaxy S21 Ultra Memalsukan Foto Bulan?

Kompas.com - 05/02/2021, 08:02 WIB
Ada empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus
KOMPAS.com/ OIK YUSUFAda empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebagai varian tertinggi di keluarga Galaxy S21, Samsung membekali Galaxy S21 Ultra dengan keunggulan tersendiri, terutama di sektor kamera.

Salah satu kamera Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi 108 megapiksel (MP) dan dibekali dengan dua kamera telefoto 10 MP, yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Selain itu, kamera Galaxy S21 Ultra juga dibekali dengan fitur zooming digital hingga 100x atau disebut Samsung sebagai "Space Zoom". Lewat fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang detil saat memotret bulan.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Jadwal Penjualan Perdana Samsung Galaxy S21 Plus dan Ultra

Sejumlah ulasan Galaxy S21 Ultra memang menampilkan foto bulan yang terlihat mengesankan. Satelit Bumi itu tampak jernih, lengkap dengan detil-detil kawah di permukaannya.

Namun, belakangan timbul kontroversi mengenai kemampuan tersebut. Beredar tudingan bahwa foto bulan Galaxy S21Ultra merupakan hasil "tempelan", yakni gabungan antara tangkapan asli kamera dengan foto bulan yang sebelumnya sudah tersimpan di perangkat.

Penggabungan gambar ini konon dilakukan dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) khusus sehingga hasilnya seolah asli. Tudingan itu mirip dengan yang dilontarkan kepada Huawei P30 Pro pada 2019 lalu.

Benarkah Galaxy S21 Ultra memalsukan foto bulan? Input Mag mencoba menemukan jawabannya dengan melakukan sebuah penelusuran dan meminta bantuan sejumlah tokoh terkenal di dunia gadget.

Baca juga: Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Sebagian dari mereka berpendapat bahwa foto bulan Galaxy S21 Ultra asli karena ponsel tidak "tertipu" menempelkan gambar di benda-benda yang sengaja dibuat agar mirip bulan. Setelah dibongkar, aplikasi kamera Galaxy S21 Ultra juga tidak memuat gambar bulan.

Namun, ada juga yang beranggapan sebaliknya, bahwa Galaxy S21 Ultra paling tidak sengaja memoles foto bulan agar tampak lebih bagus dari hasil jepretan sebenarnya.

Input Mag akhirnya melakukan percobaan sendiri dengan membandingkan foto bulan yang dijepret Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless 42 MP Sony A7R Mark III yang dipasangi lensa super telephoto 600 mm.

Halaman:


Sumber Input Mag
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.