Amazon Buka Lowongan Kerja Pertama 26 Tahun Lalu, Profesi Apa yang Dicari?

Kompas.com - 05/02/2021, 14:05 WIB
CEO Amazon, Jeff Bezos businessinsider.comCEO Amazon, Jeff Bezos

KOMPAS.com - Lebih dari dua puluh enam tahun yang lalu, tepatnya pada 23 Agustus 1994, Jeff Bezos untuk pertama kalinya mengumumkan iklan lowongan kerja untuk Amazon. Ketika itu dia sedang merintis calon raksasa e-commerce tersebut.

Tak mengherankan bahwa profesi yang dicari adalah programer, tepatnya yang menguasai bahasa pemrograman C, C++, dan Unix serta memiliki pengalaman membangun sistem dalam skala yang besar dan kompleks.

Bezos memasang lowongan kerja Amazon lewat situs Usenet, sebuah forum dan papan buletin online. Beberapa waktu lalu dia mengunggah tangkapan layarnya ke Instagram.

Baca juga: 4 Prinsip dan Kebiasaan Unik Jeff Bezos Saat Jadi CEO Amazon

"Anda akan bekerja dengan rekan-rekan yang berbakat, intens, dan menarik," katanya berpromosi dalam lowongan tersebut, sambil menambahkan iming-iming kepemilikan ekuitas perusahaan sebagai bagian dari paket kompensasi untuk karyawan.

Waktu itu nama Amazon memang belum beken seperti sekarang. Bezos yang sekarang menjadi orang terkaya di dunia pun masih pengusaha amatiran yang sedang memulai bisnis setelah berhenti bekerja di Wall Street.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jeff Bezos (@jeffbezos)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di lowongan kerja pertama ini Bezos sudah menerapkan tiga prinsip dalam rekrutmen, yakni mencari orang yang bisa dikagumi, bisa meningkatkan efektivitas kelompok kerja, dan bisa bersinar di bidang tertentu yang tak harus berkaitan dengan pekerjaan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Jumat (5/2/2021), ketiga prinsip tersebut masih dipakai oleh Amazon dalam melakukan rekrutmen karyawan hingga kini

Bezos dan Amazon tak butuh waktu lama untuk menemukan calon karyawan yang dibutuhkan. Pasalnya, kurang dari satu tahun setelah iklan lowongan tersebut diumumkan, Amazon sudah mulai menjual buku secara online.

Baca juga: Surat ke Karyawan Ungkap Alasan CEO Amazon Mundur, Begini Isinya

Kini, Amazon sudah berkembang pesat dan telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Jumlah karyawannya mencapai kisaran 1,3 juta orang di seluruh dunia.

Bezos sendiri belakangan telah mengumumkan akan mundur dari posisinya sebagai pimpinan Amazon pada tahun ini. Jabatannya akan digantikan oleh Andy Jassy -sekarang CEO Amazon Web Services- pada kuartal-III 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.