Speedtest Kini Bisa Tampilkan Cakupan dan Kualitas Sinyal Seluler

Kompas.com - 07/02/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi Speedtest techradar.comIlustrasi Speedtest
|
Editor Oik Yusuf


KOMPAS.com - Speedtest sering digunakan untuk menguji kecepatan akses internet. Lewat sebuah update terbaru, aplikasi benchmark ini sekarang bisa digunakan untuk mengetahui cakupan dan kualitas sinyal seluler di suatu wilayah.

Kualitas di sini dalam hal generasi teknologi dari jaringan seluler yang didapatkan, apakah 2G, 3G, 4G, atau 5G. Semakin tinggi generasinya, semakin kencang pula kecepatannya. Pengguna bisa melihatnya di fitur Coverage Maps lewat ikon di bagian bawah layar di tampilan utama.

Baca juga: Peta Sebaran Jaringan 5G di Dunia dari Pembuat Speedtest

Sebenarnya Speedtest dulu sudah menyediakan fitur yang mirip. Hanya saja, dalam update terkini, tampilan peta lebih detail dan bisa di-zoom-in untuk memperbesar tampilan coverage daerah tertentu.

Data coverage dalam peta diperoleh lewat pengujian yang dilakukan oleh para pengguna Speedtest, kemudian dikalkulasikan dan diambil rata-ratanya untuk tiap area berukuran sekitar 91 x 91 meter (300 x 300 kaki) sehingga tampak kotak-kotak saat dilihat dari dekat.

Menjajal fitur Coverage Maps di aplikasi SpeedtestKOMPAS.com/ConneyStephanie Menjajal fitur Coverage Maps di aplikasi Speedtest
Speedtest memanfaatkan teknologi geolokasi untuk menunjukkan cakupan jaringan internet secara real time, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Minggu (7/2/2021)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daerah yang sudah pernah diuji ditandai dengan kotak berwarna yang warnanya dibedakan berdasarkan kualitas penerimaan, yakni 2G/ 3G (kuning), 4G (biru muda), 5G (biru), atau tidak ada sinyal (merah).

Baca juga: Alasan Internet 5G Perlu Segera Digelar di Indonesia

Dengan adanya fitur ini, pengguna yang ingin bepergian dapat mengetahui terlebih dahulu seperti apa kualitas jaringan internet di lokasi yang akan dituju dan seberapa jauh cakupannya.

Coverage Map sudah tersedia di aplikasi Speedtest versi 4.5.30. Pengguna Android bisa mengunduhnya lewat toko aplikasi Google Play Store di tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.