Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Dilakukan Bos Perusahaan Teknologi Setelah Mundur dari Jabatan

Kompas.com - 08/02/2021, 07:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, Jeff Bezos, mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO Amazon. Setelah mundur, ia akan menjabat sebagai Ketua Eksekutif Dewan di Amazon.

Posisi CEO Amazon kemudian bakal diwariskan kepada Andy Jassy yang saat ini masih menjabat sebagai CEO Amazon Web Services (AWS). Pergantian posisi tersebut akan berlaku mulai kuartal ketiga 2021 mendatang.

Sebelum Bezos, ada juga beberapa pendiri perusahaan teknologi lain yang sudah lebih dulu mundur dari perusahaan yang mereka rintis.

Mereka mengerjakan hal-hal lain baik yang masih berkaitan dengan teknologi maupun tidak. Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan para pendiri perusahaan teknologi setelah melepas jabatannya.

1. Steve Wozniak (Apple)

Steve WozniakBloomberg Steve Wozniak
Steve Wozniak bersama Steve Jobs merintis Apple Inc sejak 1975. Kiprah Wozniak di Apple terbilang singkat. Pada 1985, Wozniak lebih dulu meninggalkan Apple dengan sejumlah alasan.

Setelah meninggalkan Apple, Wozniak terlibat dalam mendirikan sejumlah perusahaan teknologi lain. Ia juga belum lama ini meluncurkan bisnis dalam bidang cryptocurrency yang membantu perusahaan mendapatkan uang untuk proyek ramah lingkungan.

Baca juga: Steve Wozniak Juga Pernah Dibui gara-gara Bom Palsu

Sementara Steve Jobs, meninggal dunia pada tahun 2011 lalu karena kanker pankreas yang ia derita.

2. Bill Gates (Microsoft)

Pendiri Microsoft, Bill Gatesreuters.com Pendiri Microsoft, Bill Gates
Bersama dengan Paul Allen, Bill Gates pertama kali mendirikan Microsoft pada 1975. Setelah 25 tahun menjabat sebagai CEO Microsoft, Gates mengundurkan diri dari perusahaan pada tahun 2000.

Setelah melepas jabatannya, Gates kemudian mengisi posisi dewan direksi di Microsoft hingga Maret 2020 lalu. Kini, Gates mengaku tengah menghabiskan waktu lebih banyak untuk mendalami bidang filantropi.

Selama ini, Bill Gates memang sering membuat kegiatan sosial. Bahkan, ia juga turut berpartisipasi dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19.

Melalui yayasan miliknya dan sang istri, yakni Bill & Melinda Gates Foundation, Gates diketahui telah menghabiskan dana sebesar 400 juta dollar AS (sekitar Rp 5,6 triliun) untuk mempercepat proses distribusi vaksin secara global.

Baca juga: Bill Gates Pamer Foto Saat Disuntik Vaksin Covid-19

3. Larry Page (Google)

Salah seorang pendiri Google, Larry PageReuters Salah seorang pendiri Google, Larry Page
Usai melepas jabatannya sebagai CEO Alphabet pada tahun 2019 lalu, Larry Page kini terlibat dalam start-up baru, yakni Zee.Aero dan Kitty Hawk sebagai investor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com