Bahaya yang Mengikuti Unggahan "Selamat Ulang Tahun" di Media Sosial

Kompas.com - 08/02/2021, 20:40 WIB
Ilustrasi media sosial (ipopba) KOMPAS.COM/Ilustrasi media sosial (ipopba)

KOMPAS.com - Memberi ucapan selamat ulang tahun kepada teman, sahabat, keluarga, atau kolega bisa dilakukan lewat apa saja. Termasuk lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Namun, hati-hati, jangan sembarangan memamerkan ucapan atau perayaan ulang tahun seseorang di media sosial. Pasalnya memberikan ucapan selamat ulang tahun melalui media sosial bisa menjadi boomerang dan hadiah tidak menyenangkan bagi orang tersebut.

Sebab, hal itu sama saja dengan mengumbar informasi tanggal lahir seseorang ke publik, yang mana informasi tersebut termasuk dalam informasi pribadi.

Menurut Harry Denley, Security and Anti-Phishing dari perusahaan software MyCrypto, kebanyakan orang terlalu banyak membicarakan sesuatu di media sosial. Ia mengatakan, orang-orang bisa menemukan apapun secara virtual, termasuk data-data pribadi seseorang.

Tanggal atau hari ulang tahun juga termasuk dalam data pribadi seseorang. Informasi tersebut mungkin dianggap umum dan tidak krusial. Namun, di tangan orang yang salah, informasi terkait tanggal lahir bisa menjadi modal untuk melakukan kejahatan siber.

Baca juga: Apple Ungkap Cara Aplikasi Diam-diam Mengumpulkan Data Pengguna

Peretas (hacker), akan "menjahit" informasi itu dengan informasi lain yang diperoleh dari unggahan warganet ke media sosial.

Tanpa disadari, unggahan warganet sering memuat informasi pribadi yang seharusnya tidak diketahui publik.

Kebanyakan, informasi tersebut dianggap sepele. Misalnya unggahan yang menandai lokasi rumah, foto dan nama anak-anak atau keluarga, tagging (menandai) seseorang, dan masih banyak lagi.

Senada dengan Denley, Tim Sadler, CEO perusahaan keamanan siber Tessian, mengatakan bahwa ada peningkatan jumlah informasi dan data pengguna yang tersedia secara publik di dunia maya.

Riset yang dilakukan Tessian menemukan ada 84 persen orang dari total responden dalam riset tersebut yang mengunggah kiriman ke media sosial setiap minggunya. Tidak disebutkan berapa responden yang terlibat dalam riset ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X