Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5 dan Jadwal Kedatangannya

Kompas.com - 09/02/2021, 07:55 WIB
Sistem Antarmua (UI) Xiaomi, MIUI 12.5 gizchina.comSistem Antarmua (UI) Xiaomi, MIUI 12.5

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di China pada Desember 2020 lalu, MIUI 12.5 akhirnya dirilis secara global. MIUI 12.5 merupakan penerus dari MIUI 12 dengan sejumlah pembaruan.

MIUI 12.5 hadir dengan fitur baru yang fokus pada desain, serta diklaim memberikan performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Dalam pembaruan MIUI 12.5, ada beberapa aplikasi bawaan (bloatware) yang tidiakan, di antaranya yaitu Mi Calculator, Notes App, Weather, Compass, Scanner, dan Mi Recorder.

Sementara itu, ada tiga aplikasi bawaan lainnya yang kini bisa disembunyikan seperti Mi Music, Themes, Mi Video, Downloads, dan Mi File Manager.

Soal keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna, seperti kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Baca juga: Smartphone Lipat Xiaomi Tertangkap Menggunakan MIUI 12

Ada juga fitur "Super Wallpaper" yang bisa dipakai pengguna untuk menghiasi latar belakang (background) ponsel dengan gambar bertemakan pegunungan, seperti Siguniang Mountain, Shipwreck Bay, dan Blade’s Edge Mountain.

Dari segi performa, MIUI 12.5 diklaim memiliki konsumsi daya yang 15 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen.

MIUI 12.5 akan digelontorkan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dimulai pada kuartal kedua (Q2) 2021 atau sekitar awal April mendatang.

Pada tahap pertama ini MIUI 12.5 bakal hadir di sejumlah ponsel Xiaomi yang tergolong masih baru, seperti Mi 11, Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 10 T, dan Mi 10T Pro.

Meski demikian, ponsel yang sedikit lawas seperti Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Redmi 9, serta Redmi Note 9 juga akan ikut kebagian pembaruan MIUI 12.5 di tahap berikutnya.

Halaman:


Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X