Giliran Intel Klaim Prosesornya Lebih Unggul dari Apple M1, Ini Buktinya

Kompas.com - 09/02/2021, 10:59 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Tiger Lake. IntelIlustrasi prosesor Intel Tiger Lake.

KOMPAS.com - Setelah berbagai ulasan dan benchmark antara prosesor Apple M1 dengan prosesor Intel Core Gen-11 ternyata mengunggulkan Apple M1, kini Intel buka suara dengan menyodorkan hasil benchmark versi mereka sendiri.

Menurut benchmark yang dilakukan Intel, prosesor teranyarnya, Intel Core Gen-11 ( Tiger Lake) lebih ngebut dibanding Apple M1. Sebagai informasi, Apple M1 adalah prosesor buatan Apple yang menggantikan Intel di lini MacBook keluaran terbaru.

Beragam klaim Intel ini dituangkan dalam sebuah pengujian yang melibatkan MacBook Air M1 dan dua laptop yang dibekali dengan Intel Core i7-1165G7 (RAM 8 GB) dan i7-1185G7 (RAM 16 GB).

Adapun tes yang diuji mencakup tes produktivitas, performa, gaming, daya tahan baterai, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rencana CEO Baru Intel, Kalahkan Prosesor Apple M1

Dalam pengujian produktivitas keseluruhan menggunakan standar tes WebXPRT 3 via browser Chrome, Intel mengklaim prosesor Intel Core i7-1185G7 lebih kencang 30 persen dibanding Apple M1.

Grafik perbandingan performa prosesor Intel Tiger Lake dan Apple M1.TomsHardware Grafik perbandingan performa prosesor Intel Tiger Lake dan Apple M1.

Intel juga menguji performa aplikasi Microsoft Office 365 menggunakan standar penggunaan sehari-hari (real-world usage guideline/RUG). Hasilnya, prosesor milik Intel diklaim lebih ngebut 2,3x dibanding Apple M1.

Untuk kinerja pemrosesan konten, prosesor Intel Core i7-1185G7 diklaim 1,7x lebih cepat dari Apple M1 ketika menggunakan sejumlah fitur export di aplikasi Adobe Premiere Pro.

Gaming lebih mumpuni

Pada pengujian sektor gaming, Intel mengklaim prosesor Tiger Lake mampu menjalankan sejumlah game yang Apple M1 tidak bisa jalankan.

Baca juga: Ini Bukti Prosesor ARM di Windows Kalah Jauh dari Apple M1

Beberapa di antaranya seperti Gears Tactic, Grid 2019, Metro Exodus, Hitman 2, Far Cry Never Dawn, dan masih banyak lagi. Hal ini terbilang wajar lantaran Apple M1 merupakan chip baru, sehingga para pengembang harus menyesuaikan game mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X