Efek Tesla, Harga Bitcoin Tembus Rekor Baru

Kompas.com - 09/02/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.

KOMPAS.com - Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal AS, Tesla dilaporkan telah membeli mata uang digital bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 21 triliun) pada Senin (8/2/2021).

Aksi yang dilakukan Tesla itu rupanya turut mendongkrak harga bitcoin hingga 16 persen, menembus ke level tertinggi sepanjang masa (all-time high), dengan harga 45.000 dollar AS (sekitar Rp 630 juta) per koinnya.

Namun harga bitcoin kini sedikit turun dari rekor terbarunya pada Senin lalu. Pengamatan KompasTekno di situs Statista, harga bitcoin berada di angka 38.461 dollar AS saat berita ini ditayangkan.

Dengan berinvestasi ke bitcoin, Tesla bermaksud untuk menawarkan metode pembayaran dalam bentuk aset cryptocurrency kepada konsumen, yang ingin membeli setiap produk mereka.

"Kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada hukum yang berlaku," kata Tesla, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Tesla Borong Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun, Untuk Apa?

Sebelumnya, Tesla diketahui telah memberikan dampak yang besar kepada industri cryptocurrency. Dikenal aktif di media sosial, CEO Tesla, Elon Musk kerap kali mengunggah twit yang menyebabkan mata uang kripto naik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa waktu lalu, Musk sempat mencantumkan tagar #Bitcoin pada bio Twitter pribadinya. Aksi tersebut lantas berhasil membuat harga bitcoin melambung hingga 20 persen.

Harga bitcoin memang terus meningkat sepanjang 2021, karena permintaan dari institusi dan retail juga meningkat.

Meski demikian, mata uang digital tetal dianggap ringkih, karena pada Januari 2021 lalu sempat terjun hingga di bawah 30.000 dollar AS per keping.

Selain bitcoin, Musk juga kerap mendongrak mata uang kripto Dogecoin. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap twit Musk sebagai pertanda atas naiknya nilai mata uang kripto tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.