Program Tangkas Berinternet Google Ajak Orang Tua Tingkatkan Literasi Digital Anak

Kompas.com - 09/02/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi Google. ReutersIlustrasi Google.

KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia, Google Indonesia meluncurkan program bernama "Tangkas Berinternet" untuk keluarga di Indonesia.

Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia mengatakan Tangkas Berinternet merupakan sebuah program global Google terkait literasi digital dan keamanan online untuk meningkatkan keamanan berinternet anak-anak.

"Hari ini saya sangat bersemangat mengumumkan program peluncuran Keluarga Tangkas Berinternet," ujar Putri dalam acara webinar yang diselengarakan di kanal Youtube Google Indonesia, Selasa (9/2/2021).

Di situs Be Internet Awesome with Google, Google menyediakan beberapa materi ajar untuk guru dan orang tua, situs terkait literasi digital, dan permainan berbasis web (Interland), guna membantu mengajarkan konsep literasi digital kepada anak-anak.

Baca juga: 3 Hal yang Jadi Kekhawatiran Orangtua di Indonesia, Saat Anak Main Internet

Menanggapi peluncuran program ini, pendiri yayasana Diena Haryana selaku pendiri Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa) mengapresiasi program tangkas berinternet yang diinisiasi oleh Google.

Menurut Diena, program tangkas berinternet dapat dimanfaatkan orang tua sebagai bekal pola asuh anak di era digital)."Dengan begitu, ruang maya dapat menjadi tempat yang aman dan bisa dimaksimalkan untuk menggali potensi anak-anak mereka," ungkap Diena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google luncurkan program Tangkas Berinternet di Hari Internet Aman Sedunia, Selasa (9/2/2021).Youtube/Google Indonesia Google luncurkan program Tangkas Berinternet di Hari Internet Aman Sedunia, Selasa (9/2/2021).

Lima prinsip tangkas berinternet

Putri mengungkapkan, di program Tangkas Berinternet ini ada lima prinsip yang diusung Google.

Prinsip pertama adalah cerdas berinternet, yaitu pemahaman anak untuk memilah-milah informasi mana yang layak dan tidak layak untuk dibagikan.

Dalam acara yang sama, koordinator yayasan sejiwa Andika Zakiy membagikan beberapa tips agar orang tua dan anak cerdas berinternet.

"Tipsnya itu kita harus bisa jadi pengguna internet yang positif, berpikir sebelum memposting seseuatu, serta jaga dan lindungi privasi diri sendiri dan orang lain," kata Andika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.