Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen "Free Fire" di Indonesia Pertemukan Gamer Amatir dan Profesional

Kompas.com - 09/02/2021, 20:37 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Garena, selaku pengembang game battle royale populer Free Fire, resmi membuka pendaftaran ajang kompetisi e-sports bagi pemain amatir dan profesional.

Kompetisi game bertajuk Free Fire Indonesia Masters (FFIM) Spring 2021 akan menjaring gamer-gamer asal Indonesia untuk mengikuti turnamen Free Fire skala internasional.

Namun berbeda dengan turnamen game lain yang dibuat untuk gamer profesional, FFIM 2021 Spring ini mendukung para pemain Free Fire amatir di seluruh penjuru Indonesia untuk beradu kemampuan dengan para pemain profesional.

"Semua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mewakili Indonesia di kejuaraan dunia, baik pemain baru (amatir) maupun profesional, tanpa batasan dari sisi level skill maupun perangkat yang mereka miliki," kata Produser Game Garena Free Fire Indonesia, Christian Wihananto.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Jadi Karakter di Game Free Fire

"FFIM 2021 Spring ini kami hadirkan bagi seluruh survivors (pemain Free Fire) di berbagai daerah Nusantara," lanjut Christian dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (9/2/2021).

Syarat mengikuti turnamen FFIM 2021

Untuk berpartisipasi dalam turnamen ini, pemain harus menyiapkan sebuah tim yang beranggotakan 5-6 orang. Seluruh anggota tersebut wajib memiliki akun Free Fire pribadi dengan level minimal 40 dan sudah mencapai tingkatan (rank) "Diamond 1".

Setelah syarat tersebut terpenuhi, pemain langsung bisa mendaftarkan timnya lewat fitur FFC Mode (The Arena) di dalam game.

Fitur ini bisa ditemui dengan menekan tombol "Go To" di laman "Open Registration" yang berada di menu "News" pada laman informasi event di dalam game, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Pendaftaran turnamen FFIM 2021 Spring di dalam game Free Fire.KOMPAS.com/Bill Clinten Pendaftaran turnamen FFIM 2021 Spring di dalam game Free Fire.

Nah, tim yang berhasil mendaftar akan mendapatkan 8 tiket yang bisa digunakan untuk bertanding di babak Open Qualifiers (kualifikasi) online pada 14 Februari mendatang.

Adapun sesi pendaftaran turnamen FFIM 2021 Spring telah berlangsung sejak 8 Februari pukul 09.00 WIB kemarin dan bakal dibuka hingga 14 Februari tepat pukul 18.00 WIB.

Tahap turnamen

Seperti disebutkan sebelumnya, turnamen FFIM 2021 Spring sendiri akan diawali dengan babak Kualifikasi untuk tim amatir pada 14 Februari yang akan berlangsung pukul 13.00 - 18.00 WIB.

Baca juga: David Beckham Investasi Rp 400 Miliar di Tim E-sports Inggris

Dari babak yang berlangsung selama kurang lebih 5 jam ini, Garena akan mengambil 84 tim amatir teratas yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak, dengan jatah 8 tiket pertandingan.

Ke-84 tim ini nantinya akan dibagi dalam 7 grup pada babak Quarter Finals (perempat final), yang akan digelar pada 19 Februari mendatang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup di Quarter Finals lantas akan beradu kemampuan lebih lanjut di babak Grup Finals.

Di Grup Finals, sebanyak 21 tim amatir akan dicampur dengan 15 tim profesional yang berpartisipasi dalam ajang Free Fire Masters League (FFML) Season 3. Ke-36 tim ini akan dibagi menjadi tiga grup, yaitu Grup A, B, dan C.

Jawara dari masing-masing grup tersebut, yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak, akan mendapatkan tiket ke babak Play-Ins (penyisihan).

Baca juga: Alasan Free Fire Jadi Game yang Dilombakan di Piala Presiden Esports 2020

Pada babak Play-Ins, akan ada 12 tim yang bertanding, mencakup 3 tim dari babak Grup Finals, 6 tim teratas dari babak Play-off FFML Season 3 Divisi 1, serta 3 tim teratas dari FFML Season 3 Divisi 2.

Adapun 6 tim yang berhasil bertahan di babak Play-Ins akan langsung berkompetisi di babak Grand Final. Belum ada informasi soal kapan babak Grup Finals, Play-Ins, dan Grand Final bakal diselenggarakan.

Informasi selengkapnya mengenai aturan, hadiah, jadwal turnamen, mekanisme poin, dan lain sebagainya bisa dilihat di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com