Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Cetak Rekor, 26 Juta Gamer "Online" Bersamaan

Kompas.com - 10/02/2021, 11:31 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game besutan Valve, Steam, kembali mencetak rekor. Berdasarkan laporan terbaru, jumlah pengguna layanan Steam yang online secara bersamaan (concurrent) menembus angka tertinggi sebesar 26,4 juta atau tepatnya 26.401.443 pemain.

Capaian jumlah pemain ini terjadi pada akhir pekan lalu. Sebelumnya pada Januari 2021 lalu, pengguna yang online berbarengan dilaporkan sempat menembus angka 25,4 juta.

Angka tersebut mengalahkan rekor jumlah concurrent user pada Januari 2020 silam yang tercatat di angka 18.334.908.

Baca juga: Game Terlaris dan Terpopuler di Steam Sepanjang 2020

Antusiasme pengguna yang bermain game sejak tahun lalu disebut menjadi kesuksesan sendiri bagi pengembang Steam.Terlebih, situasi pandemi membuat para pemain memilih untuk bermain game favorit mereka selama berada di dalam rumah.

"Kami melihat pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2020, bahkan sebelum pandemi melanda. Durasi yang dihabiskan pengguna untuk bermain video game melonjak ketika orang-orang mulai mengurung diri di dalam rumah," tulis Steam dalam blog resminya.

Hal itu meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli dan bermain game untuk mengisi waktu luang mereka," lanjutnya.

Meski begitu, jumlah pengguna yang sedang bermain game (in-game) ternyata kurang dari setengah jumlah pemain yang sedang online, yakni hanya 7.360.553 pengguna saja.

Baca juga: Game A Witchs Tale Buatan Studio Indonesia Resmi Dirilis

Adapun game yang paling ramai dimainkan oleh pengguna Steam adalah Cyberpunk 2077, Dota 2, dan Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Games Radar, Rabu (10/2/2021).

Jumlah pengguna Steam yang sedang online pada satu waktu bisa dilihat lewat dashboard di situs Steam.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ada kemungkinan jumlah concurrent user di Steam bisa terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com