Steam Cetak Rekor, 26 Juta Gamer "Online" Bersamaan

Kompas.com - 10/02/2021, 11:31 WIB
Logo platform distribusi game Steam. GamesradarLogo platform distribusi game Steam.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Platform distribusi game besutan Valve, Steam, kembali mencetak rekor. Berdasarkan laporan terbaru, jumlah pengguna layanan Steam yang online secara bersamaan (concurrent) menembus angka tertinggi sebesar 26,4 juta atau tepatnya 26.401.443 pemain.

Capaian jumlah pemain ini terjadi pada akhir pekan lalu. Sebelumnya pada Januari 2021 lalu, pengguna yang online berbarengan dilaporkan sempat menembus angka 25,4 juta.

Angka tersebut mengalahkan rekor jumlah concurrent user pada Januari 2020 silam yang tercatat di angka 18.334.908.

Baca juga: Game Terlaris dan Terpopuler di Steam Sepanjang 2020

Antusiasme pengguna yang bermain game sejak tahun lalu disebut menjadi kesuksesan sendiri bagi pengembang Steam.Terlebih, situasi pandemi membuat para pemain memilih untuk bermain game favorit mereka selama berada di dalam rumah.

"Kami melihat pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2020, bahkan sebelum pandemi melanda. Durasi yang dihabiskan pengguna untuk bermain video game melonjak ketika orang-orang mulai mengurung diri di dalam rumah," tulis Steam dalam blog resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli dan bermain game untuk mengisi waktu luang mereka," lanjutnya.

Meski begitu, jumlah pengguna yang sedang bermain game (in-game) ternyata kurang dari setengah jumlah pemain yang sedang online, yakni hanya 7.360.553 pengguna saja.

Baca juga: Game A Witchs Tale Buatan Studio Indonesia Resmi Dirilis

Adapun game yang paling ramai dimainkan oleh pengguna Steam adalah Cyberpunk 2077, Dota 2, dan Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Games Radar, Rabu (10/2/2021).

Jumlah pengguna Steam yang sedang online pada satu waktu bisa dilihat lewat dashboard di situs Steam.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ada kemungkinan jumlah concurrent user di Steam bisa terus bertambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.