"Stream Sniping", Teknik Curang di Kalangan Gamer yang Bikin Streamer Ninja Geram

Kompas.com - 10/02/2021, 12:07 WIB
Ilustrasi orang bermain game. BusinessInsiderIlustrasi orang bermain game.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - "Dia tahu saya sedang online. Saya tidak akan live streaming game Fortnite lagi".

Kekesalan streamer game Richard Tyler Blevins atau yang biasa dikenal "Ninja", memuncak usai ditaklukan empat kali berturut-turut oleh pemain yang sama dalam game Fortnite.

Umpatan itu bukan tanpa sebab dilontarkan oleh Ninja. Pria 29 tahun ini kepalang kesal lantaran menjadi bulan-bulanan pemain lainnya yang melakukan kecurangan dengan metode yang tengah marak, yaitu "Stream Sniping".

Baca juga: Streamer Gaming Ninja Berhenti Main Fortnite Selamanya, Ini Sebabnya

Seperti namanya, Stream Sniping merupakan tindakan curang yang dilakukan seorang pemain game dan mengincar para pemain yang sedang melakukan live streaming. Tujuannya tak lain untuk mengacaukan jalannya permainan para streamer tersebut.

Pemain yang melakukan teknik curang ini biasa dijuluki sebagai Stream Sniper. Untuk melakukan aksi curangnya, ia harus berada di dalam game yang sama dengan streamer target.

Pemain yang curang akan menggunakan tayangan live streaming yang tengah berlangsung untuk menintai gerak-gerik streamer sambil bersembunyi. Ketika target lengah, pemain ini akan melancarkan serangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Tindakan curang ini terkadang dilakukan ketika seorang gamer sadar mereka ternyata satu ruangan dengan streamer terkenal. Seperti streamer Ninja misalnya.

Akibatnya, pemain profesional atau streamer yang menjadi korban akan terlihat seperti "orang bodoh" lantaran bisa dikalahkan dengan mudah oleh pemain biasa.

"Yang mereka lakukan hanyalah merusak jalannya permainan," ujar Ninja. Sesi live streaming pun boleh jadi tak akan berjalan dengan kondusif.

Melanggar aturan main?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.