Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Stream Sniping", Teknik Curang di Kalangan Gamer yang Bikin Streamer Ninja Geram

Kompas.com - 10/02/2021, 12:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Dia tahu saya sedang online. Saya tidak akan live streaming game Fortnite lagi".

Kekesalan streamer game Richard Tyler Blevins atau yang biasa dikenal "Ninja", memuncak usai ditaklukan empat kali berturut-turut oleh pemain yang sama dalam game Fortnite.

Umpatan itu bukan tanpa sebab dilontarkan oleh Ninja. Pria 29 tahun ini kepalang kesal lantaran menjadi bulan-bulanan pemain lainnya yang melakukan kecurangan dengan metode yang tengah marak, yaitu "Stream Sniping".

Baca juga: Streamer Gaming Ninja Berhenti Main Fortnite Selamanya, Ini Sebabnya

Seperti namanya, Stream Sniping merupakan tindakan curang yang dilakukan seorang pemain game dan mengincar para pemain yang sedang melakukan live streaming. Tujuannya tak lain untuk mengacaukan jalannya permainan para streamer tersebut.

Pemain yang melakukan teknik curang ini biasa dijuluki sebagai Stream Sniper. Untuk melakukan aksi curangnya, ia harus berada di dalam game yang sama dengan streamer target.

Pemain yang curang akan menggunakan tayangan live streaming yang tengah berlangsung untuk menintai gerak-gerik streamer sambil bersembunyi. Ketika target lengah, pemain ini akan melancarkan serangannya.

 

Tindakan curang ini terkadang dilakukan ketika seorang gamer sadar mereka ternyata satu ruangan dengan streamer terkenal. Seperti streamer Ninja misalnya.

Akibatnya, pemain profesional atau streamer yang menjadi korban akan terlihat seperti "orang bodoh" lantaran bisa dikalahkan dengan mudah oleh pemain biasa.

"Yang mereka lakukan hanyalah merusak jalannya permainan," ujar Ninja. Sesi live streaming pun boleh jadi tak akan berjalan dengan kondusif.

Melanggar aturan main?

Ilustrasi bermain game online (dok.shutterstock/sezer66) Ilustrasi bermain game online
Aturan terkait tindakan Stream Snipping ini biasanya dituangkan dalam kebijakan masing-masing perusahaan penyedia game.

Baca juga: Game A Witchs Tale Buatan Studio Indonesia Resmi Dirilis

Di laman kebijakan dan aturan bermain game Player Unknown's BattleGround (PUBG), misalnya, pemain akan diberikan sanksi (ban) apabila terdeteksi menguntit pemain lainnya dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Aturan serupa juga ditemui di laman kebijakan penggunaan platform Twitch. Di sana, stream sniping dinyatakan sebagai tindakan ilegal dan melanggar kebijakan Twitch karena dianggap tindakan curang.

Kendati demikian, sejumlah laporan menyebut bahwa stream sniping sulit untuk dimasukkan dalam kategori tindakan curang.

Sebab, para streamer game yang melakukan live streaming seharusnya sudah paham konsekuensinya. Tayangan live streaming tersebut bisa dilihat oleh khalayak, termasuk musuh yang mungkin dihadapi, secara real-time.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com