Galaxy S21 Direndam 12 Hari di Akuarium, Masih Bisa Menyala atau Tidak?

Kompas.com - 10/02/2021, 14:48 WIB
Galaxy S21 varian Phantom Silver SamsungGalaxy S21 varian Phantom Silver

KOMPAS.com - Seperti ponsel lini Galaxy S pendahulunya, Galaxy S21 turut dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Artinya, ponsel ini mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit.

Namun apa jadinya jika Galaxy S21 dinyalakan di dalam air selama 12 hari berturut-turut? Hal itulah yang dilakukan oleh kanal YouTube bernama Photo Owl Time Lapse.

Untuk menguji kemampuan tahan air (water resistance) yang dimiliki Galaxy S21, ia meletakkan ponsel flagship tersebut di dalam akuarium berisi air.

Baca juga: Pre-Order Samsung Galaxy S21 di Indonesia Dibuka, Ini Harganya

Ponsel tersebut direndam dalam keadaaan menyala dan hanya menjalankan aplikasi Stopwatch untuk menghitung seberapa lama Galaxy S21 dapat bertahan di dalam air.

Proses "pengujian" ini dapat disaksikan secara live melalui kanal YouTube Photo Owl Time Lapse. Hingga Rabu (10/2/2021), Galaxy S21 telah bertahan di dalam air selama 12 hari berturut-turut.

Memasuki hari ke 12 sejak Photo Owl Time Lapse meletakkan Galaxy S21 di dalam airYouTube/Photo Owl Time Lapse Memasuki hari ke 12 sejak Photo Owl Time Lapse meletakkan Galaxy S21 di dalam air

Photo Owl Time Lapse juga turut mencatat perkembangan yang terjadi selama 12 hari terakhir. Ia mengatakan bahwa aplikasi Stopwatch yang dimiliki Galaxy S21 hanya bisa menghitung waktu hingga 99 jam 59 menit 59 detik saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, Photo Owl Time harus mengatur ulang aplikasi Stopwatch dari nol secara berkala. Hal ini telah terjadi selama dua kali.

Pada 117 jam dan 53 menit pertama, Galaxy S21sempat memunculkan notifikasi "Moisture detected" yang menunjukkan adanya rembesan air.

Masih dalam waktu yang sama, layar Galaxy S21 dilaporkan tidak dapat berfungsi dengan baik. Layar ponsel tidak dapat mendeteksi perintah dan bergerak-gerak tanpa terkendali.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra, S21 Plus, dan S21

Namun setelah menekan beberapa tombol, Galaxy S21 kembali berfungsi dengan normal meski notifikasi "Moisture detected" masih tetap muncul, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari kanal YouTube Photo Owl Time.

Kemudian memasuki waktu 241 jam dan 10 menit, Photo Owl Time kembali mencoba kinerja speaker ponsel. Ia mencoba memutar musik pada Galaxy S21, namun suara yang dihasilkan terbilang buruk, sangat kecil, dan hampir tidak terdengar dengan jelas.

Untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut, Anda dapat menyaksikan proses pengujian tersebut melalui kanal YouTube Photo Owl Time di tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X