Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Khusus Galaxy Buds Pro yang Hanya Aktif di Ponsel Samsung

Kompas.com - 10/02/2021, 15:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Earphone True Wireless Stereo (TWS) terbaru Samsung, Galaxy Buds Pro memang bisa disambungkan ke smartphone, tablet, atau komputer merek apa saja yang memiliki koneksi Bluetooth.

Namun, perangkat ini lebih optimal dipasangkan dengan smartphone Galaxy buatan Samsung karena ada beberapa fitur khusus yang hanya bisa diakses lewat ponsel tersebut.

Alasannya, seperti diungkap Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia Leo Hendarto Marathon, adalah fitur-fitur itu harus dihubungkan dengan akun Samsung yang biasa dibuat ketika pertama kali menggunakan perangkat Samsung.

Baca juga: 9 Fitur Galaxy Buds Pro, Wajib Tahu Sebelum Beli

"Ada fitur-fitur yang memang eksklusif di smartphone Samsung, tapi penggunaan basic bisa digunakan smartphone merek apa saja," kata Leo dalam acara temu media secara virtual yang diadakan Rabu (10/2/2021).

Ada tiga fitur eksklusif dari Galaxy Buds Pro yang hanya bisa didapatkan oleh pemilik perangkat Samsung. Selengkapnya sebagai berikut.

Bixby

Bixby adalah asisten virtual buatan Samsung yang hanya bekerja untuk perangkat Samsung.
Sehingga cukup wajar jika Bixby tidak bisa diaktifkan dengan smartphone selain buatan Samsung sendiri.

Di Galaxy Buds Pro, kemampuan Bixby semakin ditingkatkan. Pengguna kini tidak harus menyentuh earphone untuk memanggil Bixby. Asisten Virtual itu bisa dipanggil lewat perintah suara dengan mengucapkan "Hi Bixby", diikuti perintah yang diinginkan.

Auto Switch

Ini adalah salah satu fitur baru di Galaxy Buds Pro. Auto switch akan memudahkan pengguna Galaxy Buds Pro untuk berpindah dari satu perangkat Galaxy ke perangkat Galaxy lainya tanpa harus melakukan koneksi ulang.

Syaratnya, Galaxy Buds Pro harus sudah tersambung dengan perangkat Samsung yang telah didaftarkan ke akun Samsung yang sama. Hal inilah yang membuat fitur ini terbatas hanya di smartphone Samsung.

Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan bluetooth di perangkat-perangkat tersebut. Selanjutnya, Auto Switch akan membuat peralihan antar perangkat lebih mulus.

Baca juga: Galaxy S21 Direndam 12 Hari di Akuarium, Masih Bisa Menyala atau Tidak?

Misalnya, ketika pengguna sedang asyik menonton film di Galaxy Tab dengan Galaxy Buds Pro terpasang di telinga, lalu tiba-tiba ada panggilan telepon di smartphone Galaxy.

Koneksi earbuds kemudian akan secara otomatis pindah ke smartphone untuk menjawab panggilan tanpa harus repot-repot disambungkan dulu ke ponsel. 

SmartThing Find

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com