Link Download Laporan Awal Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 di Situs KNKT

Kompas.com - 10/02/2021, 16:46 WIB
Pesawat Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Juni 2019. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASAPesawat Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Juni 2019.

KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan pendahuluan atau preliminary report hasil investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ182, yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 lalu.

Laporan setebal 40 halaman ini disahkan oleh Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono pada 9 Februari 2021.

Sebagaimana yang dipantau oleh KompasTekno dari halaman daftar isi, laporan awal ini secara garis besar akan memaparkan berbagai informasi faktual yang didapat, temuan, tindakan keselamatan, dan rekomendasi keamanan terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Untuk lebih jelasnya, masyarakat Indonesia bisa mengakses dan mengunduh laporan awal KNKT tentang kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 dalam versi PDF melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Autothrottle yang Berfungsi Anomali dalam Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Kapten Nurcahyo Utomo mengungkapkan, selain KNKT, investigasi awal ini turut melibatkan 11 orang dari tim Amerika Serikat.

"Terdiri dari empat orang National Transportation Safety Board (NTSB), empat orang dari Boeing, dua orang dari Federal Aviation Administration (FAA) dan satu orang dari General Electric sebagai pembuat mesin pesawat," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Amerika, KNKT juga dibantu oleh tim investigasi dari Singapura yaitu The Transport Safety Investigation Bureau (TSIB).

Penyerahan bagian kotak hitam Pesawat Sriwijaya Air ke KNKT di JICT II, Tanjung Priok, Selasa (12/1/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Penyerahan bagian kotak hitam Pesawat Sriwijaya Air ke KNKT di JICT II, Tanjung Priok, Selasa (12/1/2021).

"Berpartisipasi dalam investigasi kali ini juga dua investigator TSIB Singapura dalam hal ini berpartisipasi dalam sesuai dengan kerja sama negara-negara ASEAN," tambah dia

Data yang berhasil dihimpun

Sejauh ini, pihak KNKT baru mendapatkan data dari flight data recorder (FDR), bagian dari kotak hitam yang sudah berhasil ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.